10 Daftar Menu Makan Siang Sehat, Hemat dan Praktis

Editor: kairos author photo
Nasi goreng tidak dianjurkan untuk santapan makan siang. foto | dok kairos


KAIROS - DEAR sahabat KAIROS, Anda butuh rekomendasi menu makan siang yang sehat untuk dibawa bekal? Ini dia beberapa idenya ya. Membawa bekal untuk makan siang di kantor tergolong lebih hemat, murah dan higenis. Betul nggak sih?

Ditambah kondisi Indonesia yang ada dalam pandemi Covid-19. Tetapi, banyak orang yang masih malas untuk membuat makan siang dari rumah. Masalahnya, tidak semua orang pandai memasak dan mempunyai waktu.

Tapi jangan putus asa ya. Sahabat KAIROS bisa membuat menu makan siang sehat sederhana dengan cara yang praktis dan hasilnya pun enak.

Ini dia beberapa contoh menu makan siang yang dirangkum dari berbagai sumber.


10 Menu Makan Siang Sehat Sederhana Model Rumahan


foto | selerasa


1. Tumis Buncis Wortel

Menu makan siang yang sehat ini benar-benar rendah kalori, lo.

Cara menemukan bahan-bahannya pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu pergi ke pasar tradisional atau menemukannya di tukang sayur keliling.

Cara membuat menu makan siang yang ini pun sangat mudah.

Siapkan buncis, buang bagian ujungnya, lalu iris-iris dengan halus.

Sedangkan untuk wortel, kupas atau serut bagian kulitnya dengan pisau atau alat khusus.

Perpaduan warna dari buncis dan wortel yang cukup cerah ini membuat siapapun yang melihatnya langsung tertarik.


foto | pixabay


2. Salad Ayam

Selanjutnya ada salad ayam, yang bisa dijadikan menu makan siang sederhana di rumah.

Bahan utamanya pun cukup mudah, antara lain ada dada ayam, brokoli yang sudah di rebus, dan telur rebus.


foto \ pixabay


3. Udang Tempura

Rasa gurih dan lezat dari udang tempura akan selalu jadi favorit para suami, lo!

Pembuatan menu makan siang sederhana untuk suami ini pun sangat mudah.

Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja.

Tambahkan pula saus untuk pendamping makannya, seperti saus asam manis.

Selain nikmat, udang mengandung omega 3 yang tinggi untuk tubuh.


foto | pixabay


4. Menu Nasi Kari

Membuat menu makan siang sederhana ala rumahan ini bisa dilakukan siapapun.

Tanpa ada basic memasak.


Kamu perlu mengumpulkan bahan-bahan, seperti:

– 1 blok kari,

– 1 butir bawang bombay, diiris

– 2 sdm saus tomat,

– 4 buah kentang, kupas, cuci bersih, dan potong dadu,

– 6 buah wortel, kupas, cuci bersih, dan potong dadu,

– Gula, garam, dan lada secukupnya,

– Kacang polong secukupnya, dan

– Minyak untuk menumis.



Membuat Nasi Kari 

1. Tumis bawang bombay,

2. Kemudian masukkan kentang, kacang polong, dan wortel, aduk-aduk hingga 5-10 menit,

3. Tambahkan air lalu rebus sampai setengah empuk,

4. Masukkan kari blok dan aduk rata,

5. Tambahkan gula, garam, dan lada secukupnya, ya, lalu

6. Masak hingga semua bahan empuk dan sajikan selagi panas.


foto | fimale


5. Tumis Kangkung

Menu makan siang yang satu ini tentu menyehatkan.

Kangkung bisa menurunkan kolesterol, mengatasi anemi, serta mencegah diabetes.

Membuat tumis kangkung sangat sederhan dan praktis, kok.

Jangan lupa tambahkan bawang putih, minyak zaitun, dan saus tiram agar rasa dan aromanya semakin nikmat.


foto | pixabay


6. Bento Chicken Teriyaki

Menu makan siang sehat untuk anak selanjutnya ini ada Bento Chicken Teriyaki.

Bento box memang pilihan yang pas untuk bekal makan siang anak di sekolah.

Dijamin rasanya lezat dan membuatnya pun tidak sulit.


foto | dream


7. Ayam Kukus Lemon

Nah, yang satu ini resep super enak yang kelihatannya susah dibuat, tetapi sebenarnya cukup mudah, lo.

Menu makan siang sehat untuk diet ini membutuhkan ayam yang sudah dikukus dengan air lemon.

Selain enak, menu makan siang sehat ini juga rendah kalori.


foto | dream


8. Ayam Teriyaki dengan Sayur Rebus

Salah satu masakan khas Jepang ini memerlukan saus teriyaki sebagai penikmat rasanya.

Kamu cukup membeli saus teriyaki yang ada di pasaran.

Menu makan siang sehat untuk ibu hamil ini bisa juga diganti dengan ikan atau bahan lainnya.

Tambahkan pula beberapa sayuran resbu, seperti wortel, brokoli, sawi putih, dan jagung muda.

foto | pixabay

9. Mashed Potato

Bosan bawa bekal ke kantor nasi terus? Tak ada salahnya mencoba  buat Mashed Potato.

Setelah kentang dihaluskan, kamu hanya perlu menambahkan susu dan keju agar rasanya semakin gurih.

Menu makan siang sehat tanpa nasi ini tak perlu memerlukan waktu dan bahan-bahan yang banyak, kok.


foto | fimale


10. Perkedel Tahu

Seperti diketahui, bahan utama dari menu makan siang ini adalah daging giling dan tahu.

Untuk membuatnya lebih lezat dan tidak mudah hancur, balurkan dengan tepung panir atau tepung roti, ya.

Semoga info ini bermanfaat untukmu ya sahabat KAIROS, selamat mencoba!

reporter | adm

sumber | cookpad/99 

Share:
Komentar

Berita Terkini