7 Manfaat Teh, Cegah Penuaan Dini di Wajah Anda

Editor: kairos author photo




KAIROS - Cegah penuaan dini, semua orang mendambakan hal ini. Lantas bagaimana caranya? Teh, salah satu rahasia perawatan kecantikan kuno yang sudah tidak diragukan lagi keberhasilannya. Baik pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda telah memanfaatkan untuk perawatan kulit selama berabad-abad. 

Jadi manfaat teh, bukan semata-mata untuk membuat teh manis, seperti setiap pagi kita lakukan, loh!

Faktanya, ahli gizi dan kaum dermatologi juga sudah mengakui bahwa teh salah satu cara termudah untuk memancarkan kesehatan dan kecantikan dari dalam ke luar, di samping pilihan makanan yang bergizi tinggi. 


Bersifat Antioksidan dan Anti-Inflamasinya

Kebanyakan jenis teh ketika dicerna dapat membantu merawat kulit karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Banyak teh kaya antioksidan untuk dipilih, semuanya dengan manfaat perawatan kulit yang sedikit berbeda. 

Misalnya, teh spearmint telah terbukti mampu membantu mengatasi jerawat hormonal dan teh mawar mampu membantu meningkatkan pergantian sel.

Apapun jenis teh yang dipilih, akan selalu ada manfaat teh untuk wajah. 


Manfaat Teh untuk Kulit Wajah

Berikut ini, 7 manfaat teh untuk wajah yang perlu diketahui:



1. Untuk Obati Jerawat Hormon: Teh Spearmint

Manfaat teh yang bisa didapatkan untuk wajah yang pertama adalah mengobati jerawat hormonal. Teh yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kecantikan ini, teh spearmint. Minum teh spearmint secara teratur dapat memengaruhi hormon, khususnya testosteron.

Penelitian telah menunjukkan teh spearmint punya efek anti-androgenik pada sistem endokrin wanita. 

baca pula | Anda Ketagihan Mie Instan? Nih 7 Trik Ampuh Mengatasinya!

Ini secara efektif dapat meringankan masalah kulit tertentu yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon -termasuk hirsutisme, yang merupakan pertumbuhan rambut gelap dan kasar pada wajah, dada dan perut; dan jerawat hormonal.


2. Untuk Kulit Tampak Lebih Muda: Teh Hibiscus

Manfaat teh untuk wajah kedua, membuat kulit tampak senantiasa muda bercahaya. Untuk mendapatkan manfaat kecantikan ini, Anda bisa mengonsumsi teh hibiscus atau teh kembang sepatu.

Teh kembang sepatu tidak hanya kaya akan sumber vitamin A, B1, B2, C, seng dan zat besi yang hebat; tetapi juga memiliki asam lemak omega-3 dan asam alfa hidroksi alami (AHA) yang sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan bercahaya.

Teh hibiscus juga dikenal karena sifat antioksidannya yang luar biasa, yang memberi elastisitas kulit, anti-penuaan, dan perlindungan radikal bebas yang Anda butuhkan untuk kesehatan kulit yang optimal.



3. Tingkatkan Sirkulasi Wajah: Teh Matcha

Manfaat teh untuk wajah ketiga, membantu meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk kulit. Teh yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kecantikan ini adalah teh matcha. Dari perspektif sains, teh matcha mengandung banyak sifat yang sama-sama menguntungkan kulit seperti teh hijau, tetapi pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

baca pula | Cara Efektif Berhenti Merokok yang Cepat, Aman Tanpa Obat

Kandungan vitamin K yang tinggi dalam matcha membantu meningkatkan penyembuhan luka dan sirkulasi darah yang lebih baik di kulit, yang membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Matcha juga mengandung banyak klorofil, yang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi penuaan, jerawat, dan pori-pori yang tersumbat.



4. Bekas Jerawat dan Pigmentasi: Teh Chamomile

Manfaat teh untuk wajah yang ke empat, membantu memudarkan bekas jerawat dan mencegah hiperpigmentasi kulit. Teh chamomile adalah jenis teh yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat ini.

Teh chamomile dikenal karena sifat anti-inflamasi, antiseptik dan antimikrobanya. 

Hal ini yang membuatnya bagus untuk penyembuhan luka serta penyembuhan masalah kulit secara keseluruhan.

Sifat-sifat ini dapat membantu memperbaiki kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, bekas jerawat, jerawat kecil dan pigmentasi. 

Sebagai jenis teh dengan antioksidan tingkat tinggi, chamomile juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas serta mempercepat regenerasi jaringan dan sel.



5. Mengontrol Produksi Minyak: Teh Peppermint

Manfaat teh untuk wajah yang kelima adalah membantu mengontrol produksi minyak yang berlebihan di wajah. Untuk mendapatkan manfaat kecantikan ini, harus mengonsumsi teh peppermint. Teh peppermint tak cuma jenis teh yang bagus untuk sistem pencernaan.

BACA JUGA | 8 Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan, Ampuh, tak Berbahaya!

Tetapi mentol di dalamnya pun bisa membantu memperlambat produksi minyak di kulit, yang tentu sangat bermanfaat bagi yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Senyawa seperti vitamin E dan D yang terkandung dalam teh peppermint juga dapat meningkatkan pergantian sel. Ini membantu meluruhkan lapisan luar sel kulit mati, dan membuat wajah tampak berkilau dengan cahaya alami.



6. Untuk Memperbarui Sel: Teh Mawar

Manfaat teh untuk wajah yang ke enam adalah untuk mendukung terjadinya pembaruan sel-sel pada kulit. Teh mawar adalah jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kecantikan ini. Teh mawar sangat tinggi kandungan vitamin C-nya. Vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen dan pembaruan sel kulit.

BACA JUGA | Ternyata Mandi Malam itu Bagi Kesehatan

Teh mawar juga mengandung berbagai antioksidan dari jenis yang kuat termasuk likopen, katekin, flavonoid, polifenol, dan karotenoid. Ini semua adalah senyawa yang membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan meningkatkan proses penyembuhan masalah kulit.



7. Kerusakan Kulit Akibat Polusi: Teh Hijau

Manfaat teh untuk wajah lainnya, membantu melawan kerusakan kulit akibat polusi. Untuk mendapatkan manfaat ini, bisa mengonsumsi teh hijau. Teh hijau telah diketahui kaya akan kandungan antioksidan dan mampu memerangi radikal bebas serta kerusakan DNA pada kulit.

Anda akan mendapatkan manfaat-manfaat kecantikan ini apabila menerapkan teh hijau baik secara topikal ataupun saat dikonsumsi secara langsung. 

Antioksidan khusus dalam teh hijau yaitu polifenol, malah punya manfaat yang lebih dari sekadar memerangi radikal bebas.

Sekadar diketahui, polifenol artinya zat gizi mikro yang juga bertindak sebagai prebiotik, yang mendukung bakteri usus sehat dan pada akhirnya menciptakan kondisi kulit yang bersih dan bercahaya.

Jadi intinya, teh bukan semata-mata fungsinya untuk bahan pembuatan teh manis yang seperti kita lakoni setiap pagi ya! Semoga bermanfaat ya, sahabat KAIROS.

reporter | adm

sumber/foto | merdeka/idntimes

Share:
Komentar

Berita Terkini