8 Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan, Ampuh, tak Berbahaya!

Editor: kairos author photo



KAIROS - Memilih cara diet sehat? Hmmm, sudah menjadi rahasia umum, bahwa jika setiap orang pasti menginginkan tubuh ideal dengan berat badan sekecil mungkin. Demi mewujudkan impian ini, banyak orang yang memiliki berat badan yang dirasa tidak ideal akan diet. 

Program diet memang salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satunya, ya dengan diet sehat!

Sayangnya, masih banyak orang yang menjalani diet tidak sehat misalnya dengan menyiksa diri dengan rasa lapar berlebihan serta mengonsumsi obat diet berbahan kimia. 

Padahal, menerapkan diet yang salah dapat menimbulkan efek samping seperti sakit. 

Cara diet sehat tidak hanya membuat Anda mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga memiliki tubuh yang sehat. Anda tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan secara drastis, mengonsumsi makanan yang tidak enak, ataupun membuat diri sendiri kelaparan.

Cara diet sehat salah satu cara mencintai tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta gaya hidup yang sehat pula.  



Simak cara diet sehat yang baik dan benar dan tidak membahayakan tubuh Anda. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda, ya sahabat KAIROS!


1. Jangan Biarkan Kelaparan, Siapkan Bekal

Cara diet sehat pertama dengan menghilangkan kebiasaan yang membuat tubuh Anda kelaparan. Diet dengan menahan lapar secara berlebihan biasanya justru akan menjadi jalan untuk balas dendam dengan makan berlebihan.

baca pula | Tips Berhenti Merokok yang Cepat, Aman Tanpa Obat

Kasus ini sudah banyak terjadi dan seringkali akan berakhir dengan kegagalan. Meninggalkan perut hingga kondisi lapar hanya akan membuat Anda kian sulit menahan nafsu saat ada makanan. Akibatnya, Anda akan melupakan cara diet sehat dan malah memakan apapun yang ada di depan Anda.

Untuk mengatasinya, selalu sediakan bekal sehat di dalam tasmu. Makanan porsi kecil tapi bergizi tinggi seperti telur rebus, greek yoghurt atau pisang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu seketika tanpa meninggalkan kalori yang berlebihan.


2. Kunyah Makanan Secara Benar

Cara diet sehat yang selanjutnya dengan memerhatikan cara mengunyah makanan dengan benar. Sebisa mungkin Anda harus mengunyah makanan dengan benar. Setiap Anda makan dengan terburu-buru dan tidak mengunyahnya dengan baik artinya tidak memberikan waktu pada perut untuk mengirimkan sinyal kenyang menuju otak.

Makanya, mengunyah makanan dengan benar bisa membantu Anda merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. 

simak pula | Anda Ketagihan Mie Instan? Nih 7 Trik Ampuh Mengatasinya!

Cara mudahnya, Anda bisa mengatur durasi makan. Contohnya, beri waktu 15 menit untuk menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Dengan metode ini, Anda dapat memberi jeda waktu yang cukup pada proses penyampaian sinyal kenyang menuju otak.


3. Atur Asupan Nutrisi

Cara diet sehat yang selanjutnya dengan memerhatikan asupan nutrisi tubuh. Tubuh setidaknya butuh 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari untuk memenuhi nutrisi tubuh kita.

Pilihlah buah-buahan yang pas untuk diet dan konsumsi secara rutin. Anda cukup membagi porsinya ke dalam beberapa waktu. Misalnya saat sarapan atau makan siang. Anda juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau saat makan malam.


4. Cukup Air Putih, Bawa Bontot Minum

Cara diet sehat selanjutnya, dengan memastikan tubuh untuk selalu terhidrasi oleh air putih. Sudah bukan rahasia lagi air putih hal terpaling esensial untuk tubuh. Memang kebutuhan air bagi setiap orang memang berbeda-beda. Tetapi, dengan meminum air lebih banyak bisa mendukung diet alami penurun berat badan.

Cobalah untuk meminum air paling tidak 2 liter sehari dengan membiasakan diri membawa botol minum. 

Dengan begitu Anda akan merasa kenyang lebih lama nantinya jika kebutuhan air dalam tubuh akan tercukupi.


5. Konsumsi Makan Garam 

Cara diet sehat lainnya, dengan mengurangi konsumsi garam. Ya, mengurangi konsumsi garam, salah satu cara diet sehat yang terkenal cukup ampuh. Alasannya, sodium yang berlebihan bisa membuat tubuh kesulitan memproses metabolisme lemak.

Biasakan diri Anda untuk mengonsumsi sayur, ayam ataupun telur tanpa tambahan garam. 

Untuk tetap mendapatkan rasa gurih pada masakan, Anda bisa menggunakan garam laut asli yang mengandung lebih sedikit sodium atau menambahkan cottage cheese ke dalam telur dadar. Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah Anda juga ikut terkontrol.


6. Jadikan Apel Cemilan Wajib

Cara diet sehat lainnya, dengan membiasakan konsumsi apel sebagai cemilan wajib Anda. 

Ya, sebuah apel memiliki kurang dari 200 kalori dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh Anda untuk menahan nafsu makan. Selain itu, apel juga mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan siap membuat anda tetap bertenaga. Konsumsi apel paling tidak 2 kali sehari sebagai cara diet sehat.


7. Olahraga 150 Menit per Minggu

Mungkin ini juga tak kalah penting. cara diet sehat dengan rutin berolahraga. Untuk mencapai berat badan ideal, disarankan agar menyeimbangkan kalori yang masuk dengan kalori yang dibakar.

Olahraga yang dapat dilakukan misalnya dengan lari selama 150 menit per minggu, beralih menggunakan tangga dibandingkan lift atau rajin berjalan kaki karena berjalan kaki memiliki banyak manfaat. Olahraga tidak hanya dapat membantu cara diet sehatmu, tetapi juga bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, terutama organ jantung.


8. Tidur yang Cukup

Cara diet sehat terakhir, dengan durasi tidur yang cukup. Agar tubuh Anda mendapatkan regenerasi maksimal, perbaiki gaya hidup kamu dengan tidur yang cukup, misalnya 6 hingga 8 jam sehari. Dengan begitu, metabolisme tubuh Anda akan ikut diperbaiki dan siap menyambut berat badan ideal.

reporter | adm

sumber | merdeka/liputan6

Share:
Komentar

Berita Terkini