Agar Jantung Kuat, Anda Harus Rutin Aktivitas Fisik

Editor: kairos author photo
Aktivitas fisik bikin jantung Anda sehat. foto | pixabay

KAIROS - APAKAH Anda tahu, jantung merupakan salah satu organ tubuh paling penting? Jantung bekerja memompa darah ke paru-paru dan seluruh bagian tubuh, sehingga tubuh bisa melakukan pekerjaannya.

Jantung itu otot. Karenanya, jantung kita akan semakin kuat jika kita rajin melakukan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik. foto | pixabay


Beberapa Aktivitas Agar Jantung Kuat

Yuk, lakonilah beberapa aktivitas fisik ini supaya jantung kita semakin sehat!


foto | pixabay


Naik Turun Tangga

Apa teman-teman sering naik turun tangga? Mungkin ada yang sering melakukannya di sekolah atau di tempat umum.

Naik tangga kadang-kadang bisa melelahkan. Namun naik turun tangga itu bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.

Kebiasaan naik turun tangga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan peredaran darah serta stroke.

foto | dok kairos

Berjalan Kaki

Jangan malas jalan kaki, ya, sahabat KAIROS! Coba deh, lakukan kebiasaan berjalan kaki 30 menit dalam sehari. Ini bisa membantu menguatkan jantung dan kaki kita.

Kaki yang kuat juga penting bagi jantung dan peredaran darah, lo. Karena di betis dan kaki kita ada otot, pembuluh, dan katup yang berfungsi mendorong darah kembali ke jantung dan paru-paru.

foto | pixabay

Berolahraga

Selain melakukan aktivitas fisik yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, tentu saja teman-teman harus berolahraga juga supaya jantung sehat.

Tahukah kamu? Seseorang yang tidak berolahraga berisiko dua kali lipat lebih tinggi mengalami penyakit jantung dibandingkan seeorang yang aktif.

Ini karena olahraga rutin membantu kita membakar kalori, menurunkan tekanan darah, mengurangi LDL atau kolesterol jahat, dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Jika baru mulai berolahraga, mulai saja dari yang ringan, seperti jalan kaki di sekitar rumah atau jogging. Lama-kelamaan setelah terbiasa, kamu bisa mulai berolahraga lari.

Olahraga yang termasuk aerobik atau kardio bisa membantu meningkat detak jantung, teman-teman. Selain jogging dan lari, bersepeda, sepak bola, basket, dan berenang juga termasuk jenis olahraga ini, lo.

Selain olahraga aerobik atau kardio, teman-teman juga perlu melakukan latihan peregangan dan latihan kekuatan.

Olahraga yang termasuk latihan kekuatan ini misalnya yoga atau push up, dan yang termasuk peregangan misalnya jungkir balik di atas matras.


Pendinginan setelah olahraga. foto | pixabay


Biasakan Aktivitas Fisik untuk Jantung Sehat

Kebiasaan yang membuat tubuh aktif seperti berolahraga sebaiknya rutin dilakukan sekitar 30 menit sehari setidaknya lima kali dalam seminggu.


Ingat, Tapi Jangan Terlalu Berat

Kita bisa mulai dari kebiasaan yang sederhana dulu dan tidak terlalu berat. Setiap berolahraga, selalu mulai dan akhiri dengan perlahan sebagai pemanasan dan pendinginan.

Oh ya, meski olahraga bisa menyehatkan jantung, jangan terlalu berat jika baru mencoba karena teman-teman justru bisa memberi tekanan pada jantung atau paru-paru.

Nah, setelah tahu manfaat dan tips beraktivitas fisik, mulai kebiasaan bergerak aktif agar jantung sehat ya sahabat KAIROS.

reporter | adm

sumber | Bobo 

Share:
Komentar

Berita Terkini