Agar Jantung Sehat, Biasakan 5 Cara Mudah Ini!

Editor: kairos author photo

KAIROS - Sadar atau tidak, kita sering melakoni kebiasaan buruk sehari-hari. Akibatnya, bisa memicu munculnya berbagai penyakit yang mematikan. Mulai dari diabetes, kolesterol hingga penyakit jantung yang tidak dirasakan sejak awal.


Tak Sulit, Jaga Kesehatan Jantung 

Sebenarnya untuk menjaga kesehatan jantung itu tak terlalu sulit. Cukup dengan kebiasaan sederhana saja sudah bisa membantu tubuh agar terhindar dari penyakit jantung.

Sejumlah kebiasaan sederhana ini bisa bantu untuk menjaga kesehatan jantung dengan mudah.


1. Sarapan Pagi

Hal yang bisa dilakukan di awal pagi adalah sarapan. Sarapan sangat penting dalam menyediakan energi yang digunakan untuk beraktivitas. Sarapan juga membantu tubuh agar tidak cepat lapar dan terhindar dari keinginan ngemil apalagi makan yang berlebihan hingga membuat obesitas.

Dari penelitian Journal of the American College of Cardiology, orang yang tidak sarapan lebih berisiko terkena serangan jantung yang lebih tinggi. Selain itu, mereka yang melewatkan sarapan juga rentan terkena obesitas dan kolesterol tinggi akibat penyumbatan pembuluh darah.


2. Berjalan kaki

Kurangnya aktivitas fisik juga bisa jadi penyebab munculnya penyakit jantung. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang jarang melakukan aktivitas fisik lebih rentan dua kali lebih besar terkena penyakit jantung.

BACA JUGA | Miss V Bau Ikan Asin, Nih Cara Biar Wangi

Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk sekedar lari pagi ataupun nge-gym, cukup dengan berjalan kaki dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa membantu menguatkan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan membawa banyak oksigen ke beberapa organ tubuh yang membutuhkannya.


3. Tertawa

Bukan hanya melihat hal lucu dan menyenangkan, ternyata tertawa juga bisa menyehatkan jantung lho. 

Menurut sebuah penelitian, saat tertawa tubuh akan melepaskan neurotransmitter dan hormon endorfin.

Hal ini bisa membantu mengurangi hormon penyebab stres, yaitu kortisol dan adrenalin. Selain itu, tertawa juga bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah serta meningkatkan produksi oksigen di dalam peredaran darah, yang pastinya baik untuk jantung.


4. Asupan Buah dan Sayur

Kolesterol jahat dan tekanan darah yang tinggi sangat erat hubungannya dengan penyakit jantung. Hal-hal itu bisa menyempitkan pembuluh darah serta menghambat alirannya ke arah jantung.

Untuk itu, disarankan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin, lemak tak jenuh, dan antioksidan. 

artikel lain | Kaki Tumit Pecah-pecah, Nih 3 Cara Ampuh Mengatasi

Elemen itu dipercaya dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, hingga resiko terkena penyakit jantung menurun.


5. Cukup Tidur 

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Chicago Medical School, orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari akan berisiko dua kali lebih besar untuk mengalami stroke maupun serangan jantung. Bahkan dengan pola tidur yang seperti itu akan berpeluang 1,5 kali lebih besar mengalami gagal jantung.

BACA PULA | Awalnya Mens tak Teratur, Hati-hati Kanker Serviks

Saat kurang tidur, bisa membuat sistem hormon dalam tubuh tidak seimbang hingga memicu sistem imunitas melepaskan hormon stres dalam jumlah tinggi. 

Akibatnya tekanan darah, gula darah, bahkan denyut jantung akan meningkat. Maka disarankan untuk tidur 8 jam sehari agar sistem imun bisa memproduksi sel-sel baru dan mencegah munculnya berbagai penyakit.

reporter | ans

sumber | detik/self

Share:
Komentar

Berita Terkini