Awas, Jangan Sembarangan! Jajanan Berbahaya Mengintai Anak Anda

Editor: kairos author photo


KAIROS - Jajanan berbahaya anak, memang perlu diperhatikan ya sahabat KAIROS. Berbicara makanan, setidaknya ada dua syarat yang harus dipenuhi. Apa sajakah itu?

Pertama, harus bergizi seimbangan. Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Kedua, lebih simpel, yakni higienis. Makanan harus bersih dari kontaminasi bakteri hingga parasit. Nah, kini pertanyaannya, sudahkah jajanan anak di sekolah memenuhi dua syarat tersebut? 


Anak Suka Jajan Sembarangan

Anak-anak di sekolah umumnya suka sekali jajan sembarangan tanpa memikirkan kebersihan dan kandungan makanan itu. Namanya juga anak-anak. Betul, namanya juga anak-anak, tetapi bukan berarti orangtua “lepas tangan”. 

baca juga | 8 MENU MAKAN MALAM UNTUK DIET, AMAN DIKONSUMSI

Misalnya, berpikir pintas untuk memberi uang saku padanya. Lalu menyuruh mereka untuk memilih menu makanan dari jajanan di sekolah, alih-alih membekali mereka dengan menu-menu sehat dari rumah. 

Nah, cobalah edukasi dirinya mengenai bahaya dari jajan sembarangan.  


Bahan Berbahaya Sampai Cemaran Logam Berat 

Menyoal jajanan berbahaya di sekolah, ada riset menarik yang bisa kita simak. Studi dalam Infodatin - Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, “Situasi Pangan Jajanan Anak Sekolah” tahun 2014 mengatakan, terdapat jajanan berbahaya di sekolah yang mesti diwaspadai. 

artikel lain |  BERJEMUR PAGI HARI, INI JAM YANG PAS

Dalam penelitian itu dikatakan, penyebab Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) jadi berbahaya karena disebabkan beberapa hal. Misalnya, pencemaran mikroba, bahan tambahan pangan berlebih dan penggunaan bahan berbahaya. 

Di tahun 2013 ada 7 jenis jajanan yang diuji pada pengawasan PJAS. Mulai dari bakso (sebelum diseduh/disajikan), jelly/agar-agar/produk gelatin lainnya/ minuman es (es mambo, lolipop, es lilin, es cendol, es campur dan sejenisnya), mie (disajikan/siap dikonsumsi), minuman berwarna dan sirup, kudapan (makanan gorengan seperti bakwan, tahu goreng, cilok, sosis dan lain-lain) dan makanan ringan (kerupuk, keripik, produk ekstrusi dan sejenisnya). 

Coba tebak mana yang paling berbahaya?

Menurut hasil penelitian itu, dari pemeriksaan sampel pangan yang paling tidak memenuhi syarat secara berturut-turut adalah minuman berwarna/sirup, minuman es, jelly/agar-agar dan bakso. 

baca selanjutnya | INI ALASAN ILMIAHNYA, RAMBUT KEMALUAN KOK BISA TEBAL DAN IKAL

Alasannya, jajanan itu menggunakan bahan berbahaya yang digunakan untuk pangan, menggunakan bahan tambahan pangan melebihi batas dan mengandung cemaran logam berat melebihi batas maksimal, serta kualitas mutu mikrobiologis yang tidak memenuhi syarat.

Nah, bagaimana sahabat KAIROS, yakin masih mau membiarkan buah hati Anda jajan sembarangan?

reporter | adm

sumber | halodoc

Share:
Komentar

Berita Terkini