Awas, Nonton Film Horor Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

Editor: kairos author photo
Nonton film horor, berbahaya bagi kesehatan terutama yang sudah 'berumur'. foto | pixabay

KAIROS - NONTON film horor banyak yang suka. Tapi film-film bertema horor yang kini banyak digandrungi orang itu justru berbahaya jika tak diantisipasi. 

Memang, sensasi ketakutan yang dirasakan saat menonton film horor ternyata menjadi daya tarik bagi banyak orang ketika memilih film bertema horor. Tapi tahukah Anda sahabat KAIROS, ternyata menonton film horor itu berefek samping negatif bagi tubuh?

Bahkan dr Rosanna Barrack, SpJP(K) dari RS MMC Jakarta menyebut menonton film horor dapat menyebabkan kematian. Percaya atau tidak?


Kondisi Jantung Dipacu

"Saking takutnya maka tubuh menjadi stres. Dalam artian kerja jantung, otak dan semua organ dipacu untuk mengeluarkan zat-zat yang dapat mengganggu keseimbangan. Pada kasus serius, otak yang tegang ini bisa memicu serangan jantung atau stroke hingga memicu kematian," ujar dokter yang akrab disapa Nako ini beberapa waktu lalu.

foto | gempi

Usia yang Relatif Berumur

Meski begitu dia mengakui akibat negatif dari menonton film horor ini lebih banyak dialami orang berusia pertengahan hingga lanjut usia karena kondisi organ di tubuhnya yang telah mengalami penuaan.

"Karena pada orang yang relatif 'berumur', organ-organ mengalami degenerasi sehingga setelan badannya sudah nggak semaksimal usia muda," tambah Dokter Nako.

Terlebih pada penderita hipertensi, memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, ia juga tak menyarankan untuk menonton film horor. Begitu pula dengan menaiki wahana-wahana ekstrim di pusat hiburan keluarga.

"Menonton film horor menaiki wahana ekstrim yang dapat memacu adrenalin memang tidak kita anjurkan pada kelompok berisiko karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kenaikan darah yang tiba-tiba ini bisa memicu stroke, bahkan kematian," pungkasnya.

reporter | adm

sumber | PfizerPressCircle/Suara 

Share:
Komentar

Berita Terkini