Begini Loh Cara Olahraga Pagi yang Tepat dan Benar

Editor: kairos author photo
Olahraga pagi dengan beragam manfaat yang bisa mengusir penyakit. foto | correcto

KAIROS - OLAHRAGA pagi? Hmmm, ternyata banyak orang pasti tahu mengenai manfaat olahraga pagi bagi kesehatan. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana berolahraga di pagi hari dengan cara yang benar. 

Mengetahui teknik olahraga yang benar agar badan sehat, segar dan kebugaran tubuh meningkat. Melakukan olahraga baik untuk memperbaiki mood, mengembalikan keceriaan yang sempat hilang karena stres.

Selain kesehatan terjaga, manfaat olah raga pagi membantu terhindar dari berbagai penyakit. 

Mulai dari sakit ringan seperti flu, demam atau pun batuk, sampai penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernafasan.


Tips Olahraga Pagi


Berikut beberapa tips mengenai cara berolahraga pagi yang tepat dan benar, yuk simak:


foto | dok kairos


Awali dengan Minum Air

Biasakan untuk meminum air putih atau air mineral sebelum berangkat berolahraga. Bahkan, akan lebih baik jika halallovers rajin minum air putih setelah bangun tidur. Sebelum memulai olahraga, minumlah dua sampai tiga gelas air putih. Agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) sekaligus menjaga daya konsentrasi otak saat berolahraga.


foto | correcto


Mulai dari Jam 6 Pagi

Namanya saja olahraga pagi, tentunya harus dilakukan pagi-pagi bukan siang atau sore hari. Waktu terbaik untuk memulai yaitu sekitar jam 6 pagi. Selain karena udara masih sejuk, kondisi udara pada jam 6 akan menyehatkan organ paru-paru. Anda akan terhindar dari gangguan pernafasan.


Olahraga yang selalu butuh pemanasan. foto | topendsports


Pemanasan Dulu

Setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba langsung memaksanya lari keliling kompleks. Tentunya otot akan kaget dan berisiko terkena kram atau bahkan pusing-pusing sakit kepala. Pemanasan atau stretching bisa dilakukan sekitar 5 – 10 menit, dengan gerakan sederhana seperti yang pernah diajarkan di sekolah.


foto | ayobogor


Lanjut ke Joging Ringan

Setelah meregangkan otot melalui pemanasan, tahap selanjutnya adalah joging (lari-lari kecil) mengelilingi komplek atau cukup sekitar rumah saja. 


Olahraga yang sesuai hobi. foto | pixabay


Olahraga Pagi Sesuai Hobi

Tahukah sahabat KAIROS, badan sehat hanya manfaat lain dari olahraga pagi? Sedangkan manfaat yang paling utama dari berolahraga di pagi hari adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat.

Tentu akan percuma jika olahraga tanpa perasaan suka cita. Karena itulah, pilih jenis olahraga yang disukai dan sesuai dengan hobi masing-masing. Bisa bersepeda, bulu tangkis, bola basket atau sekadar lari beberapa kali putaran. 

reporter | ans

sumber | halallifestyle/lampungpro 

Share:
Komentar

Berita Terkini