Hamil, Kapan Ngidam Mulai Terasa?

Editor: kairos author photo
Ibu hamil yang merasakan ngidam. foto | nakitagrid

KAIROS – APAKAH Anda merasa ngidam saat hamil? Kira-kira kapan ngidam mulai terasa? Tapi percaya nggak, ternyata tak semua wanita merasakan ngidam loh. 

Sebuah penelitian mengungkapkan ngidam hanya 68% yang merasakan ngidam. Ngidam pada umumnya mulai pada trimester pertama kehamilan. Rasa ngidam akan semakin menurun menjelang bulan keempat kehamilan.


foto | ibudananak


Hormon Masuk ke Aliran Darah

Ngidam sendiri terjadi karena perubahan hormon yang memasuki aliran darah. Maka dari itu, ngidam memang wajar jika terjadi pada awal kehamilan karena tubuh belum bisa menerima perubahan dalam darah. Jika ngidam masih dirasakan menjelang trimester akhir kehamilan, hal ini disebabkan adanya gangguan fisik.


Pola Makan tak Sehat

Ngidam tidak  cuma menginginkan sesuatu saja lo sahabat KAIROS. Ada beberapa jenis ngidam yang justru menolak sesuatu seperti kopi atau barang-barang yang berbau tajam. Bahkan, sebuah penelitian melihat bagaimana seseorang yang dulu suka dengan makanan sehat bisa saja kini tidak menyukainya. 

Para ahli mengungkapkan hal ini disebabkan pola makan yang tidak sehat, sehingga tubuh tidak dapat menafsirkan mana hal yang benar dan tidak termasuk soal makanan.

Menolak makanan sebenarnya bukan jadi halangan berarti bagi Anda yang sedang hamil. 

Namun, ketika ada makanan yang bergizi tinggi ada baiknya Anda mencari penggantinya. 

Ada beberapa cara yang perlu dilakoni jika sedang berhadapan dengan ngidam. Hal utama mencoba mengganti ngidam yang tidak sehat. Misalnya saat ngidam cokelat, Mama bisa memilih susu cokelat rendah lemak.

Jalan-jalan atau Olahraga

Saat ngidam mulai terasa, Anda perlu mengalihkan perhatian kepada hal lain seperti pergi jalan-jalan atau berolahraga

Hal sederhana seperti membaca buku atau sekadar ngobrol dengan orang sekitar dapat membantu Anda melupakan ngidam. 

Ketika rasa ngidam yang tidak tertahankan, tak masalah Anda mengonsumsinya namun perlu menggantinya dengan makanan sehat lain.

Semoga bermanfaat ya sahabat KAIROS.

reporter | adm

sumber | niken/newkidscenter

Share:
Komentar

Berita Terkini