Jalan Kaki Sehat, tak Cuma untuk Fisik, Tapi Juga Mental Loh

Editor: kairos author photo




KAIROS - Jalan kaki sehat,  cobalah aktivitas itu sejak sekarang. Ya, selain sebagai sarana olahraga ringan, jalan sehat juga bisa jadi ajang berkumpul dengan keluarga, kerabat dan sahabat terdekat, bukan?

Penelitian terbaru bahkan menemukan bahwa jalan kaki memiliki manfaat lebih dari sekadar fisik. 

Aktivitas satu ini juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan spiritual Anda. Masih belum percaya?


Manfaat Jalan Kaki Sehat bagi Mental

Semua orang tahu jalan kaki, olahraga yang paling efesien. Tanpa harus membeli alat-alat berat yang mahal agar bisa berkeringat, jalan kaki dengan jarak tertentu sudah membantu tubuh dalam kelancaran proses metabolisme. 

Lebih jauh, ternyata jalan kaki juga memiliki dampak positif pada kondisi psikologis Anda. 





Berikut Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Mental

1. Sarana Meditasi

Sejumlah penelitian telah melaporkan kesadaran diri dapat mengurangi stres. Menariknya, jalan kaki selain membuat Anda bugar juga bisa jadi sarana untuk meditasi loh. 

Jalan kaki memberikan kesempatan bagi Anda untuk merenungi hal-hal yang sedang atau sudah Anda jalani. Proses meditasi kecil-kecilan ini dapat membantu meredakan stres dan menghalau stres dari otak Anda.


2. Bikin Lebih Bahagia

Jeff Miller, Ph.D seorang psikolog dari Saint Xavier University menilai, jalan kaki sehat memberikan dampak yang positif seperti sebuah energi. Berjalan kaki mampu mengendalikan perasaan menjadi berbunga-bunga, rasa antusias yang tinggi, sukacita, kegembiraan dan kepekaan. 

Apalagi jalan kaki mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak yang membuat diri kita merasa lebih baik. 

BACA PULA | Miss V Bau Ikan Asin Bikin Suami Kabur? Nih Tips Mengatasinya

Endorfin adalah penghilang rasa sakit yang alami dari dalam tubuh. 

Dia juga menegaskan ada rasa bahagia di otak, sehingga akan membuat Anda lebih rileks dan mampu mengontrol emosi.


3. Membantu Lawan Depresi/Stres

Stres berkepanjangan, entah itu karena masalah pekerjaan, asmara, keluarga, atau hal lainnya, membuat seseorang rentan mengalami depresi. Kabar baiknya, jalan kaki ternyata dapat membantu dalam memerangi depresi.

Berjalan kaki memberi waktu untuk berpikir dan melepaskan diri dari stres. 

Makanya, berhentilah sebentar dari aktivitas Anda yang padat. Coba bangun dari kursi Anda dan pergilah ke luar ruangan sebentar. 

ARTIKEL LAIN | Minuman Ajaib itu Bernama Air Kelapa, Nih 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Habiskan waktu di luar dengan menikmati pancaran sinar matahari, semilir angin, bertemu dengan banyak orang dan hal lainnya yang membuat Anda kian bersemangat.

Terlebih jika jalan sehat dilakukan bersama dengan pasangan atau sahabat. 

Dijamin! Pasti Anda pun akan lebih rileks ya sahabat KAIROS. 


4. Tingkatkan Kadar Vitamin D

Manfaat lain dari berjalan kaki secara teratur, terutama di luar ruangan adalah asupan vitamin D secara cuma-cuma. Anda mungkin mengira bahwa asupan vitamin D hanya dari sayuran dan buah-buahan saja.

Faktanya, asupan vitamin D yang terbesar justru dari sinar matahari. 

Dengan rutin berjalan kaki, asupan vitamin D Anda juga akan meningkat, sehingga risiko depresi akan lebih rendah. 

Kekurangan vitamin D akan meningkatan risiko depresi.


5. Usir Pikiran Negatif

Penelitian terbaru menemukan orang yang berjalan keliling taman merasa lebih bahagia dan kecemasannya berkurang, dibandingkan mereka yang berjalan dengan jumlah waktu yang sama namun dekat lalu lintas yang padat. Mengapa?

BACA JUGA | Cek Ya, Nih Tanda-tanda Kehamilan yang Penting Anda Ketahui

Ternyata, berjalan di taman membuat seseorang lebih banyak merenung tentang segala hal negatif yang telah mereka lakoni selama hidupnya. 

Secara tidak langsung, hal ini menjadi ajang introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

So, sahabat KAIROS, tunggu apalagi? Mulailah berjalan kaki untuk kesehatan kita sejak sekarang, ya! Apalagi jalan kaki juga baik untuk kesehatan jantung loh.

reporter | adm

sumber | hellosehat

Share:
Komentar

Berita Terkini