Jangan Lewatkan Tidur Siang, tapi tak Boleh Kelamaan

Editor: kairos author photo

Banyak manfaat yang kita peroleh saat tidur siang, tapi tidak terlalu lama. foto | dok kairos

KAIROS – TIDUR siang sering dilewatkan kaum profesional. Padahal tidur siang itu perlu dan dibutuhkan loh. Kok Gitu? Apalagi tidur siang sangat baik bagi kesehatan manusia. Malah salah satu manfaatnya, bisa mencegah penyakit jantung!

Tapi sayang sekarang ini kita cenderung kalah oleh tuntutan-tuntutan pekerjaan.  Jadinya tidur siang keraap dilewatkan. Malah dianggap malas.

Ironisnya untuk melawan keinginan tidur siang banyak diantara kita yang menggunakan minuman kopi untuk menghilangkan rasa kantuk saat siang hari, daripada meluangkan waktu sejenak untuk tidur siang.

foto | pixabay

Bikin Suasana Hati Baik

Melansir laman Mayo Clinic, hal-hal yang didapatkan tubuh ketika melakukan tidur siang, seperti: relaksasi, mengurangi kelelahan, membuat suasana hati membaik, meningkatkan kinerja dan mengurangi kesalahan serta kecelakaan saat bekerja.

Tak hanya itu, ternyata tidur siang tenyata dapat mencegah tubuh terkena penyakit. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang, ternyata dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan juga dapat menurunkan tingkat stres.

Ahli jantung asal Florida, Gerald Fletcher, MD  juga mengatakan hal serupa bahwa kebiasaan tidur siang dapat berdampak baik bagi jantung.

"Masuk akal bahwa menurunkan tingkat stres dengan tidur siang setiap hari, bahkan tidur siang dapat bermanfaat bagi jantung," ucap Gerald melansir dari laman WebMD.

foto | pixabay

Tapi Jangan Terlalu Lama

Tidur siang sebaiknya ketika merasa lelah saat bekerja, atau saat rasa kantuk datang tiba-tiba.

Tapi ingat, jangan tidur siang terlalu lama.

Sebab, tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan gangguan tidur saat malam hari, serta bisa menimbulkan rasa pusing dan bingung setelah tidur siang.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tidur siang, ikuti langkah-langkah seperti berikut ini :

Sebaiknya tidur siang cuma selama 10 hingga 20 menit (paling lama 30 menit). Sebab semakin lama waktu tidur siang, malah akan membuat pusing ketika terbangun.

Selain itu, tidur siang yang singkat juga dapat meningkatkan kewaspadaan saat bekerja sehingga dapat menghindari kesalahan yang mungkin dilakukan.

foto | cakap-cakap

Tidak Terlalu Sore

Tidur siang yang dilakukan saat sore hari atau sekitar pukul 3 sore, dapat mengganggu waktu tidur saat malam hari.

Waktu tidur siang yang baik dilakukan adalah antara pukul 1 hingga 3 sore.

foto | merdeka

Tidurlah di Tempat yang Tenang

Tempat yang tenang dapat mempengaruhi kemampuan untuk tertidur. Usahakan untuk tidur siang di tempat atau ruangan yang nyaman, gelap, serta jauh dari suara bising.

foto | dok kairos

Atur Waktu, Pasang Alarm

Atur alarm ketika tidur siang selama 30 menit. Alarm ini berguna untuk membangunkan dan memastikan tubuh mendapatkan waktu tidur siang yang cukup.

Itulah manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan tidur siang. Setelah tidur siang, otak akan merespons dan bekerja secara teliti, sehingga meminimalisir kesalahan saat Anda bekerja. 

Selamat tidur siang sahabat KAIROS!

reporter | adm

sumber | GridHEALTH/Mayo Clinic





Share:
Komentar

Berita Terkini