Ngantuk Habis Makan, Atasi dengan 4 Cara Jitu Ini

Editor: kairos author photo

KAIROS - Ngantuk habis makan? Duh, inilah yang sering kita alami. Apalagi Anda seorang pekerja kantoran atau karyawan di perusahaan. Tapi siapa saja, mungkin rentan mengalami hal ini. Lantas bagaimana mengatasinya?

Ya, ngantuk habis (setelah) makan memang dialami hampir semua orang, terutama di siang hari. Ini pulalah yang mungkin mengganggu aktivitas bekerja Anda. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengusir rasa ngantuk ini, minum kopi misalnya. Atau apa saja cara yang bisa dianggap mengusir kantuk setelah makan.

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan Anda ngantuk lantas ingin tidur setelah makan?


Kenapa Merasa Ngantuk Habis Makan?

Mengantuk yang diawali dengan menguap setelah makan, umum dialami banyak orang. Inilah respons tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi dalam tubuh kita setelah mengonsumsi makanan.


Produksi Hormon Serotonin 

Salah satu penyebabnya, adanya produksi hormon serotonin dan melatonin yang bisa menimbulkan rasa ngantuk. Produksi hormon serotonin bisa meningkat saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. 

Sementara melatonin bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti ceri, pisang dan oat. 

Nah, ketika mencerna makanan, tubuh juga dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin.


Bisa Kurang Tidur

Alasan lain yaitu karena Anda kurang tidur atau Anda tidak melakukan apapun setelah makan. Beberapa alasan terkait kondisi kesehatan Anda juga bisa menjadi penyebab ngantuk setelah makan, seperti diabetes, anemia, penyakit celiac dan intoleransi makanan. Duh!


Ngantuk Habis Kekenyangan

Bagaimana menghindari kantuk usai makan? Sebenarnya, banyak hal yang bisa Anda lakoni selain minum kopi untuk membuang rasa ngantuk yang Anda alami. 

Kopi memang mengandung kafein yang dapat menghalangi kerja hormon di otak yang menyebabkan ngantuk. Tapi, kopi bukan satu-satunya hal yang bisa membuat Anda tidak ngantuk.

Simak tips berikut ini yang bisa Anda kerjakan untuk membunuh rasa ngantuk sehabis makan.


1. Setelah Makan, Anda Harus Bergerak

Lakoni hal yang bisa Anda lakoni yang membuat Anda tetap aktif bergerak. Jika Anda hanya duduk-duduk saja setelah makan, kemungkinan Anda bakal diserang ngantuk apalagi setelah makan yang berlebihan porsinya. 

BACA JUGA | Ternyata Mandi Malam itu Bagi Kesehatan

Beraktivitas dapat meningkatkan aliran darah Anda, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh dan Anda menjadi lebih berenergi. Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan atau menaiki tangga dibandingkan lift, mungkin bisa membantu mengusir ngantuk itu.


2. Perlu Seleksi Jenis Makanan

Saat makan siang, sebaiknya seleksilah (memilih) makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan cukup zat besi. Karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan fungsinya. Zat besi juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan tubuh.

BACA JUGA | 8 Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan, Ampuh, tak Berbahaya!

Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi, seperti fast food. Soalnya, makanan ini bisa menambah banyak kalori di tubuh tapi kurang nutrisi. Gula yang tinggi juga dapat memberi lonjakan pada kadar gula darah Anda tapi bisa menghilang dengan cepat sehingga menyebabkan kantuk dan lelah.

Saat makan malam, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan protein. Kombinasi kedua zat gizi ini dapat membuat Anda ngantuk, sehingga Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. 

Pagi harinya, sebaiknya pilih makanan yang lebih mudah dicerna dan dapat memberikan energi awal yang cukup untuk memulai aktivitas Anda.


3. Makan Terlalu Banyak, Jangan!

Usahakan makan jangan terlalu banyak. Jaga porsi makan Anda, jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat Anda sangat kenyang sekaligus ngantuk. Karena untuk mencerna semua makanan itu, tubuh juga butuh lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh Anda merasa lelah dan ngantuk.


4. Cukup Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup, memang penting. Air putih dapat menghidrasi tubuh Anda, sehingga Anda terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi dan ngantuk. Ingat, semua organ dalam tubuh Anda membutuhkan air untuk melakukan fungsinya.

Semoga tips ini bisa membantu Anda ya, sahabat KAIROS, untuk mengusir ngantuk Anda, terlebih setelah makan. Semoga!

reporter  | adm

sumber | hellosehat

Share:
Komentar

Berita Terkini