Perawatan Kulit Kering, Coba 5 Tips Ini

Editor: kairos author photo
Merawat kulit kering. foto | dokumentasi kairos

KAIROS - Perawatan kulit kering sebenarnya tak terlalu sulit. Kulit kering akan lebih mudah terlihat kusam dan lebih cepat menua apabila tidak dirawat dengan baik. Ini karena menang jenis kulit ini memiliki elastisitas yang lebih rendah dibanding dengan jenis kulit lain.

Selain itu, kulit kering akan lebih mudah terlihat kusam dan lebih cepat menua apabila tidak dirawat dengan baik. 

 Ini lantaran jenis kulit ini memiliki elastisitas yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis kulit lain.


5 Tips Merawat Kulit

Ada beberapa hal mudah yang kadang terlupakan, tapi bisa menolong kondisi kulit kering menjadi lebih baik lagi.Setidaknya simak 5 tips berikut ini.


Mencuci muka dengan air yang tepat. foto | bicarapenting

1. Suhu Air yang Tepat

Saat membasuh wajah, hindari menggunakan air yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Suhu air yang terlalu ekstrim bisa membuat kondisi menjadi lebih kering.Air hangat bisa menjadi pilihan yang tepat, tetapi jaga durasi saat membasuh wajah. Kulit yang terkena air terlalu lama malah dapat memperburuk kondisi kulit.

foto | urbanasia

2. Exfoliasi Secara Teratur

Seperti halnya semua sel pada tubuh, kulit akan berproses regenerasi. Sel-sel mati akan terdorong ke permukaan kulit dan secara ideal akan rontok alami. Tapi, yang sering terjadi sel mati ini malah menumpuk di permukaan kulit. Inilah yang membuat tampilan kulit terlihat kusam, bersisik dan gatal yang akan menghambat terserapnya produk skincare yang digunakan.

Untuk itulah Eksfoliasi diperlukan. Baik Exfoliasi Fisik, menggunakan scrub atau handuk untuk mengangkat sel kulit mati, ataupun Eksfoliasi Kimia dengan menggunakan Acid -- AHA, BHA, PHA.

Ekfoliasi menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA, PHA lebih direkomendasikan untuk jenis kulit Kering.  

Ekfoliasi Fisik terlalu keras, malah bisa mengikis kulit terlalu dalam bahkan menyebabkan robekan micro atau lecet pada kulit.  Dua kali seminggu sudah cukup, selama 10-20 menit.

foto | popmama

3. Oleskan Produk Perawatan Kulit Favoritmu.

Saat Kulit Masih Lembab, tepuk-tepuk kulit hingga kering setelah dibersihkan, bersihkan juga sisa menggunakan handuk dengan lembut. Segera lanjutkan dengan penggunaan produk perawatan harianmu, saat kulit masih lembab. Ini dapat membantu penyerapan kandungan produk secara maksimal dan memberikan kelembaban ekstra.

foto | tokopedia

4. Essence itu Wajib!

Pembersih wajah berjenis gel lembut lebih direkomendasikan untuk kulit kering ketimbang berbentuk busa atau foam. Double cleansing, tentunya menjadi langkah awal rangkaian perawatan wajah untuk setiap jenis kulit. Essence, menjadi hal yang sifatnya 'wajib' bagi pemilik kulit kering yang akan menyempurnakan kelembapan kulit.  Dan akhirnya kelembaban kulit akan di 'kunci' oleh produk Moisturizer pada tahap akhir.

foto | beautynesia

5. Jadikan Facial Mist sebagai Teman Baikmu

Di Korea, facial mist bukanlah hanya sekedar air di dalam botol yang dapat disemprotkan ke wajah. Facial mist dibuat dengan berbagai formula yang dapat melembabkan kulit yang dapat membuat tampilan wajah 'dewy' tapi tidak 'oily'. 

Sebaiknya gunakan dalam perawatan skincare sehari-hari, atau kapan saja ketika kulitmu terasa memerlukan kelembaban.

sumber | kompasiana

Share:
Komentar

Berita Terkini