Pisang, Buah Menggemukkan Atau Justru Turunkan Berat Badan?

Editor: kairos author photo

 



KAIROS - Sahabat KAIROS pasti kenal pisang, bukan? Nah, jika dibandingkan buah-buah lainnya, buah pisang termasuk buah yang sangat manis sehingga membuatnya jadi buah dengan kandungan gula tinggi yang secara otomatis juga membuatnya tinggi kalori. Tapi banyak yang menyarankan untuk makan buah pisang saat diet.

Sebenarnya, buah pisang itu termasuk yang bisa menggemukkan atau justru menurunkan berat badan, sih? 

Terus, seberapa banyak buah pisang dikonsumsi agar kamu bisa menurunkan berat badan?




Makan Banyak Buah

Satu fakta sederhana makan sehat yang setiap orang ketahui adalah dengan makan banyak buah, tidak terkecuali makan buah pisang. Padahal, menurut data penelitian, satu buah pisang mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, dan 14 gr gula. Paling tidak ada 105 kalori dalam satu buah pisang. 

Apalagi gula dalam pisang dalam bentuk fruktosa, jenis gula sederhana yang mudah dicerna dan bisa meningkatkan kadar gula darah dan menguras insulin.


Bukan Gula Buatan

Lantas, mengapa pisang bisa jadi buah diet? Soalnya pisang punya gula alami, bukan gula buatan dan olahan pabrik yang buruk untuk tubuh. 

Ditambah lagi kandungan nutrisi lain seperti kalium, serat, vitamin C dan B6 serta antioksidan yang punya sifat anti-inflamasi dalam pisang, membuatnya menjadi buah yang patut dimasukkan dalam menu diet.




Bantu Turunkan Berat Badan

Serat dalam buah pisang membantu menurunkan berat badan, ujar ahli gizi Beth Warren, R.D.N., dalam Women's Health. Penelitian oleh peneliti University of Massachusetts Medical School, mengungkapkan makan serat 30 gram per hari bisa membantu menurunkan berat badan. Satu buah pisang mengandung 3,1 gram serat. 

Dengan kata lain, makan pisang bisa menyumbang peran menurunkan berat badan.

Jadi, itulah mengapa buah pisang berlaku sebagai buah diet. Tapi tentu saja perhatikan porsinya dan tidak lebih dari 3 buah pisang per hari. Imbangi juga dengan konsumsi protein sehingga tidak melonjakkan kadar gula darah.

reporter | ans

sumber | fimale

Share:
Komentar

Berita Terkini