Selain Jalan Kaki, 7 Olahraga Ini Mampu Turunkan Berat Badan

Editor: kairos author photo
Olahraga tak melulu di luar rumah, tapi di dalam rumah pun bisa. foto | pixabay

KAIROS - TURUNKAN berat badan, duh kalau menaikkan mah gampang. Tapi sebenarnya ada banyak jenis olahraga untuk diet yang sangat mudah dikerjakan bahkan di rumah sekalipun, bisa. Sejumlah penelitian sudah membuktikan efektivitasnya dalam menurunkan berat badan. 

Jangan beranggapan, olahraga untuk diet selalu berintensitas tinggi. Faktanya, beberapa jenis olahraga untuk diet ini memiliki intensitas rendah dan dapat dilakoni dengan mudah.

Tapi perlu diingat juga, perhatikan juga pola makan Anda. Sebab, melalui konsumsi makanan sehat, perjalanan Anda untuk meraih berat badan ideal dengan olahraga akan semakin mulus.


Olahraga untuk Diet

Berikut ini berbagai macam jenis olahraga untuk diet yang dianggap ampuh dan mudah dikerjakan.

foto | dok kairos


1. Berjalan kaki

Jalan kaki adalah jenis olahraga untuk diet yang tidak hanya mudah dilakukan, tetapi juga ampuh menurunkan berat badan. Menurut Harvard Health, seseorang yang memiliki berat badan 70 kilogram, dapat membakar sekitar 167 kalori hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit. 

Riset lain membuktikan, sebanyak 20 wanita dengan masalah obesitas dapat membakar lemak hingga 1,5 persen dan mengecilkan lingkar pinggangnya hingga 2,8 centimeter setelah rutin jalan kaki (selama 50-70 menit) sebanyak tiga kali dalam seminggu. Oleh karena itu, cobalah untuk jalan kaki di sekitar rumah selama 30 menit, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

foto | pixabay


2. Jogging

Setelah jalan kaki, cobalah jogging alias lari kecil. Menurut para ahli di Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar sekitar 298 kalori dalam 30 menit (dengan kecepatan 8 kilometer per jam). Tidak hanya itu, joging (jogging) dan berlari terbukti dapat membakar lemak berlebih di bagian perut. Kelebihan lemak di bagian tubuh ini perlu diwaspadai karena dapat mengundang penyakit jantung dan diabetes. 

Untuk permulaan, cobalah joging selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Jika Anda merasa jalanan aspal membuat persendian cepat lelah, Anda bisa mencari trek dengan permukaan yang lebih halus seperti rumput.

foto | pixabay


3. Naik Sepeda

Selain dapat menambah teman, bersepeda merupakan jenis olahraga untuk diet yang ampuh turunkan berat badan. Berbagai penelitian pun sudah membuktikannya.Harvard Health mengungkapkan seseorang dengan berat badan 70 kilogram mampu membakar sebanyak 260 kalori hanya dengan bersepeda selama 30 menit. 

Lebih dari itu, bersepeda dipercaya ampuh meningkatkan kebugaran sekaligus mencegah penyakit jantung dan kanker.

foto | pixabay


4. Berenang

Siapa bilang berenang tidak bisa turunkan berat badan? Nyatanya penelitian membuktikan bahwa berenang adalah salah satu jenis olahraga untuk diet yang paling ampuh turunkan berat badan.Pada saat berenang, tubuh akan tetap berkeringat

Hanya saja, Anda tidak bisa melihat keringat itu karena sudah bercampur dengan air. Setiap gaya berenang akan menentukan seberapa banyak kalori yang terbakar. 

Menurut penelitian Harvard Health, partisipan dengan berat badan 70 kilogram yang melakukan renang gaya punggung dapat membakar sekitar 298 kalori per 30 menit.

foto | fimela


5. Latihan Interval

Latihan interval, yang juga dikenal sebagai high-intensity interval training (HIIT), merupakan latihan olahraga dengan durasi pendek namun berintensitas tinggi. Biasanya, HIIT dapat berlangsung selama 10-30 menit, tapi jumlah kalori yang terbakar sangatlah tinggi. Sebuah studi membuktikan, HIIT dapat membakar 25 persen lebih banyak kalori dibandingkan jenis olahraga lain (bersepeda atau lari di treadmill). 

Itu artinya, dalam jangka waktu yang lebih pendek, Anda dapat membakar lebih banyak kalori.

foto | pixabay


6. Yoga

Jangan pernah meremehkan gerakan-gerakan yoga. Sebab, ada banyak kalori yang dapat dibakar dengan melakukannya. Seseorang dengan berat badan 70 kilogram diperkirakan dapat membakar 149 kalori setelah melakukan yoga selama 30 menit saja. Sebuah penelitian juga membuktikan, wanita yang memiliki obesitas mampu mengecilkan lingkar perutnya sebanyak 3,8 centimeter setelah melakukan sesi yoga 90 menit setiap minggu.

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang diuntungkan dari melakukan yoga, tapi juga kesehatan mental. Jadi tidak ada salahnya Anda menjajal olahraga untuk diet ini.

foto | pixabay


7. Pilates

Seseorang dengan berat badan 64 kilogram dapat membakar 108 kalori dalam kelas pilates pemula atau beginner selama 30 menit. Meskipun pilates tidak membakar lemak sebanyak berlari, jogging atau berenang, gerakannya yang mudah dilakukan dapat membuat Anda lebih konsisten dalam melakukannya.

foto | pixabay


8. Angkat Beban

Mengangkat beban dianggap sebagai salah satu jenis olahraga untuk diet yang paling ampuh, bahkan juga bisa dilakukan di rumah jika Anda memiliki alat-alatnya. Menurut sebuah riset, mengangkat beban selama 30 menit dapat membakar 112 kalori pada orang dengan berat badan 70 kilogram. Ditambah lagi, angkat beban bisa memperkuat dan merangsang pertumbuhan otot.

reporter | adm

sumber | sukabumiupdate//harvardhealth



Share:
Komentar

Berita Terkini