Sering Nyeri Saat Berhubungan Intim, Awas Tanda Kista

Editor: kairos author photo

 


KAIROS - Nyeri saat berhubungan intim, waspadai penyakit kista ovarium seperti jerawat pada sistem reproduksi. Cairan atau kantung berisi jaringan ini cukup umum, tetapi biasanya tidak menjamin rasa takut yang berlebihan.

“Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang dan pergi bersama siklus Anda dan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut,” kata Dr Taraneh Shirazian, ginekolog di NYU Langone Health, yang mengkhususkan diri dalam bedah ginekologi invasif minimal, seperti dilansir dari Health 24, Senin (14/9/2020).

“Tetapi sekitar 20 persen perempuan mengalami kista tidak hilang dengan sendirinya, dan dapat memerlukan pembedahan” baik karena mereka memiliki kemungkinan menjadi kanker atau gejalanya hanya seburuk itu.




Nyeri Saat Berhubungan Intim, Sebaiknya Kunjungi Dokter

Seringkali banyak gejala kista ovarium yang tumpang tindih dengan gejala masalah ginekologi lainnya seperti fibroid uterus dan bahkan PMS. 

Nah, jika Anda melihat enam gejala kista ovarium ini, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter secepatnya.


1.Nyeri Panggul yang tak Kunjung Berhenti

Gejala kista ovarium yang paling umum adalah nyeri di sisi kanan bawah atau kiri panggul bawah, tepat di mana ovarium berada, kata Dr. Shirazian. 

Jika Anda memiliki pertumbuhan yang lebih besar di suatu tempat di mana seharusnya tidak ada, Anda akan merasakannya.

artikel lain | AWALNYA MENS TAK TERATUR, HATI-HATI KANKER SERVIKS

"Anda mungkin merasakannya saat berolahraga, Anda mungkin merasakannya saat Anda aktif secara seksual, tetapi ini akan menjadi rasa sakit di tempat tertentu yang konstan dan tetap ada bahkan setelah siklus menstruasi Anda hilang."

Jika rasa sakit menjadi parah, Anda mungkin menderita torsio ovarium, kata Dr. Shirazian. 

"Ini terjadi ketika kista menjadi lebih besar dan lebih bergerak dan berputar dengan sendirinya, memutus suplai darahnya, yang menyebabkan rasa sakit yang sangat parah."


2. Perut Kembung di Luar Kendali

Kembung merupakan gejala yang tidak jelas, tetapi bisa terkait dengan kista ovarium tergantung ukurannya.

“Kebanyakan perempuan mengalami kista di bawah 10cm. Tetapi beberapa kista bisa tumbuh menjadi sangat besar, seperti ukuran semangka,” kata Dr Eloise Chapman-Davis, ahli onkologi ginekologi di Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian.


3. Terus-menerus Merasa Kenyang atau 'Jenuh'

Seperti halnya fibroid uterus, kista ovarium dapat menyebabkan perut terasa berat. “Kista adalah massa, dan menempati ruang, yang dapat memberi Anda perasaan tertekan,” kata Dr. Shirazian.

Tentu, Anda bisa merasakan kondisi yang mirip dengan sembelit, tetapi kecuali Anda memiliki kista di kedua ovarium, sensasi ini hanya akan menyerang satu sisi panggul Anda. 

Jika kebiasaan Anda ke kamar mandi baik-baik saja, tetapi Anda sudah merasa seperti ini selama dua hingga tiga minggu, ada baiknya mencari tahu apakah kista ovarium yang menjadi penyebabnya, kata Dr. Chapman-Davis.


4. Merasa Harus Buang Air Kecil Sepanjang Waktu

Gejala lain dari kista ovarium yang banyak disebutkan perempuan, menurut Dr Chapman-Davis, adalah merasakan keinginan untuk buang air kecil sepanjang waktu.

baca juga | SEBELUM MENIKAH SUDAH TAK PERAWAN, PAS BULAN MADU BARU KETAHUAN

“Jika kista menekan kandung kemih Anda, Anda mungkin merasa seperti harus buang air kecil,” katanya. "Atau beberapa wanita merasa bahwa mereka perlu pergi lebih sering, tetapi lebih sulit bagi mereka untuk pergi," karena penyumbatan oleh kista.




5. Nyeri saat Berhubungan Seks

Jika Anda berhubungan seks penetrasi dan Anda merasakan nyeri di satu sisi, ada kemungkinan hal itu terkait dengan kista ovarium. 

baca selengkapnya | LADIES PERLU TAHU, NIH 10 PENYEBAB KEPUTIHAN WANITA

“Beberapa kista, ketika menjadi besar, dapat tertinggal di belakang rahim, dan dalam kasus tersebut berada tepat di dekat leher rahim Anda,” kata Dr. Chapman-Davis. 

“Jadi kamu mungkin merasa sakit dengan penetrasi yang dalam.”

reporter | adm

sumber | suara/health

Share:
Komentar

Berita Terkini