Sering Tidur Jam 12 malam, Ini Akibatnya!

Editor: kairos author photo

Sering tidur hingga larut malam, berdampak negatif terhadap tubuh. foto ilustrasi | pikiranrakyat

KAIROS - SERING tidur larut hingga jam 12 malam? Duh, sejatinya perlu kita hindari ya sahabat KAIROS. Tidur, salah satu hal yang dibutuhkan tubuh demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Jangan sampai mengurangi jatah tidur atau bahkan terlambat untuk beristirahat. Sebab jika tidur diatas jam 12 malam, ada banyak risiko kesehatan yang mengancam. 


Resiko Tidur Larut Malam

Mau tahu resiko apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Obesitas yang diakibatkan sering tidur hingga larut malam. foto | pixabay


Obesitas (Kegemukan)

Selain melatonin, hormon pengendali nafsu makan juga mengalami gangguan ketika Anda suka tidur di atas jam 12 malam. Sebab tidur terlambat meningkatkan keinginan untuk ngemil. Padahal kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan dan bisa berujung pada peningkatan berat badan sampai obesitas.

foto | pixabay


Kanker

Tidur enam jam atau kurang dalam semalam juga meningkatkan risiko kanker. Hal itu sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

foto ilustrasi | dok kairos

Jam Biologis Tubuh

Jam biologis tubuh, sebutan bagi tugas otak yang mengontrol selera makan, jadwal tidur dan suasana hati seseorang. 

Jika Anda sering tidur larut diatas jam 12 malam, otak mengalami kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal itu karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Akibatnya, jam biologis itu bisa rusak dan memengaruhi kondisi fisik serta mental Anda.

foto | pixabay

Insomnia

Karena terbiasa tidur di atas jam 12 malam, Anda bisa menderita insomnia berkepanjangan ya sahabat KAIROS. Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam. Jika dibiarkan, saat bangun Anda menjadi lemas karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

foto | pixabay

Produktivitas

Tidur di atas jam 12 malam artinya memangkas jatah istirahat di siang hari. Akibatnya, saat berada di tempat kerja, Anda akan selalu mengantuk dan menurunkan produktivitas selama menyelesaikan tugas. Selain itu, mengantuk juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan saat Anda melakukan perjalanan dari dan ke tempat kerja.

foto | pixabay

Sistem Imun Tubuh

Sehubungan dengan jam biologis tubuh yang juga berperan dalam membentuk sistem imun, kinerja otak ikut terhambat mengenai masalah ini. Tidur di atas jam 12 malam akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

foto | pixabay

Penyakit Kardiovaskular

Sebuah penelitian membuktikan kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. Artinya, jangan tidur di atas jam 12 malam jika memang ingin memenuhi jadwal tidur harian dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Itulah pelbagai akibat jika suka tidur di atas jam 12 malam. Tidak ingin mengalaminya kan sahabat KAIROS? Mulai sekarang begadangnya dikurangi. Semoga! 

reporter | adm

sumber | medicaldaily/merdeka

Share:
Komentar

Berita Terkini