Simak 12 Manfaat Jeruk Purut untuk Sehat dan Cantik

Editor: kairos author photo

KAIROS - Manfaat jeruk purut dikenal sejak lama sebagai penambah aroma dan rasa masakan. Selain jadi resep yang menamba citarasa, ternyata jeruk purut menyimpan banyak manfaat lain bagi kesehatan dan kecantikan.

Kalau diolah secara tepat, jeruk purut akan memberikan nutrisi dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain daging buahnya, jeruk purut bisa dimanfaatkan dari daun, minyak dan kulitnya.

Berikut manfaat jeruk purut untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah tak diragukan lagi.



Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan

Sebagai pengobatan tradisional, jeruk purut dimanfaatkan untuk pereda flu. Meski belum ada penelitian lebih lanjut melalui secara ilmiah. Namun kandungan senyawa alami jeruk purut begitu dipercaya baik untuk kesehatan.


Melawan Bakteri

Manfaat jeruk purut yang pertama yakni melawan bakteri lantaran minyak esensial jeruk purut terbukti bersifat antibakteri.

Minyak yang mampu membunuh bakteri yang merupakan penyebab keracunan makanan dan demam tifoid.


Mengatasi Stres

Manfaat jeruk purut dari daunnya dipercaya mampu mengatasi stres. Dilansir dari aroma kuat yang khas dari daun jeruk purut bisa membuat tubuh membaik.

Bisa memanfaatkan minyak essensial jeruk purut atau daunnya langsung sebagai aromaterapi untuk mengurangi stres, rasa cemas dan kelelahan akibat sakit.


Mengatasi Bau Mulut dan Sariawan

Sahabat KAIROS, tahukah Anda sebelum penemuan pasta gigi, orang Asia Tenggara ternyata mengunyah daun jeruk purut untuk menjaga kebersihan mulut.

Ilmuwan dari Thailand sampai mengembangkan herbal campuran jeruk purut dan jambu biji untuk mengatasi bau mulut. Campuran itu terbukti efektif untuk menekan aroma tidak sedap, dikarenakan adanya efek anti-halitosis.


Menekan Pertumbuhan Sel Kanker

Dari rekam studi yang ada, air jeruk purut dan ekstra jeruk purut mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Meski masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.


Melindungi Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat jeruk purut bagi kesehatan berikutnya baik untuk melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sebuah penelitian menunjukkan, antioksidan dan antiradang pada jeruk perut bisa mencegah kerusakan pada jantung dan pembuluh darah.


Meningkatkan Imun

Seperti diwartakan SehatQ, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk purut, dipercaya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C dari jeruk purut akan membantu memproduksi kolagen yang bertugas mempercepat penyembuhan luka. Serta sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan sel, akibat paparan berlebih dari radikal bebas.


Mengurangi Radang

Masih dari kutipan yang sama, manfaat jeruk purut untuk kesehatan dipercaya mampu mengurangi radang, seperti rematik, asam urat dan radang sendi.

Cara mudah memperoleh manfaatnya, dengan mengoleskan ekstrak jeruk purut maupun minyak dari daunnya.

Mengonsumsi sari jeruk purut juga disebut bisa memberi efek serupa.




Pengusir Serangga: Nyamuk Demam Berdarah

Manfaat jeruk purut bagi kesehatan selanjutnya bisa Anda aplikasikan sebagai losion atau aroma pengusir serangga. Guna mencegah gigitan nyamuk, bisa menggunakan serai dan jeruk purut.

Selain itu, alih-alih menggunakan produk pabrik dengan bahan kimia, Anda bisa menjadikan jeruk purut sebagai larutan penyemprot ruangan.


Mengatasi Influenza

Manfaat jeruk purut secara alami baik untuk mengatasi influenza. Pertama, siapkan 20 lembar daun jeruk purut dan potong kecil-kecil.

Kemudian rebus daun itu menggunakan air secukupnya. Saring dan minum air rebusan selagi hangat. Tambahkan madu sebagai pemanis alami. Minumlah rutin hingga flu mereda.




Manfaat Jeruk Purut untuk Kecantikan

Manfaat jeruk purut untuk kecantikan yang pertama berasal dari sifatnya yang antibakteri. Sehingga baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Seperti diberitakan SehatQ, minyak atsiri atau essential oil dari jeruk purut dinilai cukup efektif menghentikan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Langkah mudahnya, cukup oleskan minyaknya. Jangan air perasan jeruk purut, sebab tidak semua kulit bisa menerima dan mencegah risiko iritasi.




Mencegah Ketombe dan Kutu

Manfaat jeruk purut untuk kecantikan bisa sebagai campuran shampo mengatasi ketombe dan kutu. Sebab minyak pada jenis jeruk itu sangat efektif membersihkan kotoran dan minyak pada rambut.

Selain melindungi kulit, jeruk purut bisa dijadikan sebagai anti-bakteri untuk mencegah ketombe dan kutu.


Membuat Kulit Sehat Kian Bercahaya

Sebagaimana diberitakan liputan6, adanya terpen dalam minyak jeruk purut seperti citronellal dan limonene berguna sebagai antioksidan. Antioksidan ini bisa membantu mengembalikan efek penuaan dan memelihara kulit supaya tetap kencang dan bercahaya.


Efek Samping Daun Jeruk

Kendati demikian, tak semua orang memiliki ketahanan kulit yang sama. Sebagian kecil ada yang mengalami alergi terhadap penggunaan daun jeruk purut. Kasus ini terbilang minoritas dan tak banyak terjadi.

BACA PULA | Awalnya Mens tak Teratur, Hati-hati Kanker Serviks

Gejala ringan yang muncul, seperti mulut kering. Serta bagi yang tidak cocok dengan daun jeruk purut, terkadang menunjukkan tanda seperti gatal-gatal, muntah, mulas, kesulitan menelan, masala pencernaan dan sebagainya.

reporter | ans

sumber | merdeka/alodokter/liputan6/fimela

Share:
Komentar

Berita Terkini