Simak di Sini, Tips untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Editor: kairos author photo

  


KAIROS - Tak sulit menjaga kesehatan jantung Anda, jika mau! Ya, jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti. Jantung berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Makanya, sudah sepantasnyalah kesehatan jantung dijaga dan terlpelihara agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa merusaknya.

Menjaga kesehatan jantung bisa dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat pula. 

Mungkin Anda juga sudah sering mendengar dokter menganjurkan untuk rutin olahraga, menjaga berat badan ideal dan tidak merokok. 

Hal ini karena beberapa langkah itu merupakan metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.


Sejumlah Cara Menjaga Kesehatan Jantung




1. Stop Kebiasaan Merokok

Stop kebiasaan merok Anda! Ya. perokok memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Tak cuma perokok sendiri, orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok (perokok pasif, red) pun lebih berisiko mengalami penyakit serupa.

SIMAK ARTIKEL TERKAIT |  Cara Aman Tanpa Obat, Berhenti Merokok yang Cepat 

Hal ini karena zat beracun pada rokok bisa merusak pembuluh darah jantung, sehingga lama kelamaan aliran darah pada jantung kian terganggu. Akibatnya, fungsi jantung juga bakalan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.



2. Aktivitas Fisik (Olahraga) Rutin

Aktif secara fisik alias rutin olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sempatkan waktu untuk berolahraga sekitar 20 – 30 menit setiap hari, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. 

Pilih jenis olahraga: bisa berupa jalan kaki, jogging, berenang atau sekadar naik-turun tangga.




3. Silakan Mengonsumsi Ikan

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ikan, salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.

Anda dapat memilih ikan, sarden, tuna atau salmon. Konsumsilah ikan jenis ini dua kali seminggu secara teratur untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan asam lemak omega-3.




4. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Menu makanan kaya akan serat bisa menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Serat bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang dan sereal. Penuhilah kebutuhan serat paling tidak 30 gram per hari.

Perlu diperhatikan ya sahabat KAIROS, mengonsumsi makanan berserat harus secara bertahap. 

Jangan makan sayuran dalam jumlah banyak sekaligus, karena dapat mengakibatkan perut kembung. Saat mengonsumsi serat, minumlah lebih banyak air putih untuk melancarkan pencernaan.


5. Kurangi Makan Mengandung Lemak Jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol di dalam darah. Kolesterol yang menumpuk berpotensi menyumbat pembuluh darah jantung.


BACA JUGA | Ternyata Mandi Malam itu Bagi Kesehatan

Makanya sahabat KAIROS, batasi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenis ini banyak terdapat pada daging merah, kulit ayam, makanan olahan, makanan yang digoreng, margarin serta produk susu kaya lemak.


6. Stabilkan Tekanan Darah Anda

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah organ-organ yang penting, seperti jantung dan otak, dapat berakibat fatal.

BACA JUGA | 8 Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan, Ampuh, tak Berbahaya!

Rutin berolahraga, mengurangi asupan garam, serta membatasi minuman beralkohol termasuk cara yang bisa Anda lakoni untuk mencegah tekanan darah tinggi.




7. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya dapat membuat Anda terkena diabetes, namun juga membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah.

Beberapa upaya untuk mengurangi risiko diabetes adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan mengurangi asupan gula. Selain itu, periksakan kadar gula darah secara rutin, terutama jika usia Anda di atas 45 tahun.




8. Istirahatlah yang Cukup

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Kurang istirahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes dan serangan jantung.

BACA PULA | 7 Manfaat Teh, Cegah Penuaan Dini di Wajah Anda

Nah, sahabat KAIROS, menjaga kesehatan jantung dapat dimulai dengan membiasakan gaya hidup sehat. 

Selain beberapa langkah di atas, Anda juga disarankan untuk mengelola stres dan memeriksakan kesehatan secara rutin ke dokter agar kesehatan jantung Anda terjaga sehat. Semoga!

reporter | adm

sumber | alodokter

Share:
Komentar

Berita Terkini