Stres Diet Ketat, Coba 14 Jurus Jitu Ini. Cek No 8

Editor: kairos author photo

Salah satu cara agar diet tidak stres, minum kopi tanpa gula. foto | dokumentasi kairos
KAIROS - STRES akibat diet ketat, tak masalah. Memang persoalan kegemukan atau lipatan lemak seringkali bikin stres banyak orang. Sayangnya masih banyak orang yang diet dengan cara yang salah kaprah. Akibatnya, orang bisa jatuh sakit karena diet ketat yang keliru tadi.

Diet untuk Hidup Sehat dan Lebih Langsing.

Padahal cukup dengan melakukan pola hidup sehat dan bijak dalam memilih makanan, sudah bisa menjadi alarm bagi tubuh. 


foto | jawapos

Agar tak stres saat diet, coba 13 cara ini 


1. Makan Lebih Banyak Protein

Batasi karbohidrat dan lemak dari makanan tapi perbanyak mengonsumsi protein.


2. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan dikemas dengan garam dan aditif lainnya yang membuat tubuh tak sehat hingga kecanduan memakannya tanpa henti.


3. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran dikemas dengan serat larut dan tidak larut yang mengisi perut dengan cepat namun tidak menambah banyak kalori ke tubuh kita. Namun saat membuat jus buah sebaiknya tak lagi menambahkan gula.


4. Pilih Gandum

Pilihlah roti gandum. Mengonsumsi lebih banyak jenis makanan gandum lebih baik karena bisa mengisi perut lebih cepat, sehingga membatasi asupan kalori.


5. Singkirkan Makanan Tak Sehat

Ini faktor psikologis. Jika terlalu dekat dengan makanan tak sehat di dapur atau kulkas, mau tak mau bisa tergoda.


6. Kurangi Asupan Gula

Faktanya bahwa penyakit diabetes dan metabolik telah meningkat sejak beberapa dekade terakhir. Masyarakat sulit untuk melepaskan diri dari gula karena sebagian besar makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari kaya gula.


7. Minum Segelas Air Sebelum Makan

Minum segelas air sebelum makan bisa membuat perut merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.


8. Minum Kopi Tanpa Gula

Meski akan aneh rasanya tapi lama-kelamaan akan terbiasa meminum kopi tanpa gula. Kopi penuh dengan antioksidan dan senyawa bermanfaat yang bisa menurunkan berat badan. Kafein meningkatkan metabolisme sebesar 3-11 persen asalkan jika tidak terhambat oleh efek penggunaan gula.


9. Hindari Minuman Elektrolit

Minuman elektrolit dikemas dengan gula yang dapat membuat seseorang kecanduan.


10. Jangan Makan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti roti putih, tepung putih, dan pasta yang membuat asupan kehilangan semua kandungan nutrisi dan serat. Makanan dengan karbohidrat ollahan dapat memicu diabetes.


11. Berpuasa

Berpuasa bisa membuat tubuh lebih teratur dan terkontrol dalam mengasup makanan agar membuat tubuh lebih disiplin.


12. Makan di Piring Kecil

Faktor psikologis ini bisa menahan porsi makan yang jauh lebih besar. Dengan piring kecil, maka bisa mengurangi porsi.


13. Kunyah Perlahan

Perut akan kenyang setelah 20 menit sejak seseorang mulai makan. Maka lebih baik mengunyah makanan dengan perlahan, sehingga bisa menyehatkan pencernaan.


14. Ganti Minyak Goreng

Penggunaan minyak goreng juga harus digunakan dengan bijak. Penggunaan berulang bisa menyebabkan lemak jahat. Gantilah dengan minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh lebih rendah.

Demikian sahabat KAIROS jusus jitu diet biar gak stres. Semoga bermanfaat ya, dan program dietnya lancar.

reporter | adm

sumber |  jawapos

Share:
Komentar

Berita Terkini