Tak Boleh Makan Diatas Jam 6 Sore, Benarkah Efektif untuk Diet?

Editor: kairos author photo

Disarankan untuk tidak makan malam diatas jam 6 sore. foto | pixabay
KAIROS - PROGRAM diet memang penting. Banyak orang menjalankan diet dengan cara menghindari makan malam. Umumnya makan malam tak boleh lebih dari jam 8 malam. Tapi ada juga yang diet membatasi diri tidak makan apa pun lagi mulai di atas jam 6 sore. 

foto | pixabay

Tidak Makan, Cuma Air Putih

Dan apakah aturan diet ini berhasil? Untuk saya, cara ini memang berhasil. Saya pernah mencoba diet dengan cara tidak makan apapun lagi setelah jam 6 sore kecuali minum air putih. 

Meski awalnya sangat berat dan selalu tergoda untuk ngemil, namun setelah terbiasa, proses penurunan berat badan ternyata lebih cepat, apalagi jika dijalani bersama dengan olahraga rutin, bisa turun 5 kg selama 5 bulan.

foto | indozone

Terkait Kenaikan Badan

Meski begitu, Dana Hunnes, Ph.D., M.P.H., R.D., ahli diet senior dari Ronald Reagan UCLA Medical Center mengatakan aturan itu entah berasal dari mana, namun hal ini kemungkinan memang bisa membuahkan hasil.

Makan malam sendiri memang berhubungan erat dengan kenaikan berat badan karena saat malam hari tubuh tak banyak beraktivitas sedangkan asupan kalori bertambah. 

Dan mengurangi asupan kalori di malam hari memang menunjukkan hasil penurunan berat badan yang signifikan.

Hal ini didukung pula dengan hasil penelitian dari Brigham Young University yang meminta 29 pria muda berhenti makan di atas jam 7 dan jam 6 sore selama 2 minggu. Ternyata, dan kurun waktu itu mereka mampu menurunkan setengah kilo berat badan.

foto | fimela

Cenderung Mudah Gemuk

Ketika dibiarkan makan di atas jam itu, dengan cepat berat badan mereka naik sebanyak 1-lebih dari setengah kg. Hal ini juga berlaku untuk para wanita yang justru cenderung mudah gemuk. Membatasi makan di atas jam 6 sore kemungkinan membuahkan hasil diet yang signifikan.

Namun bagaimana caranya membiasakan diri untuk tidak makan di atas jam itu? 

Untuk langkah pembiasaan, kamu bisa mulai mengurangi porsi makan. Ditambah dengan asupan air putih. Begitu seterusnya hingga bisa menyingkirkan makanan padat dan hanya minum air putih saja. Lakukan pembiasaan dengan diikuti olahraga kardio rutin.

Namun tentu saja setiap tubuh orang berbeda-beda. Reaksi dan proses penurunan berat badan bisa bervariasi untuk setiap orang. 

Jika memang cara ini tak bisa kamu lakukan, kamu tak perlu memaksakan diri ya sahabat KAIROS. Cukup terapkan hidup sehat dengan cukup tidur, makan sayur dan buah serta olahraga teratur.

Semoga bermanfaat sahabat KAIROS, selamat mencoba.

reporter | adm

sumber | fimela

Share:
Komentar

Berita Terkini