Tips Sederhana Agar Kamu Terbiasa Berjalan Kaki

Editor: kairos author photo

 


KAIROS - Terbiasa berjalan kaki, ini sebuah anjuran untuk kesehatan kita. Jika Anda tak ada waktu untuk olahraga di gym atau ke lapangan, sekadar jalan kaki setiap hari juga bisa menjaga tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

Berikut tips sederhana yang bisa sahabat KAIROS lakoni agar terbiasa jalan kaki setiap hari tanpa mengganggu jadwal harian Anda.






Tips Berjalan Kaki


1. Pakai Gaya Berjalan yang Menyenangkan

Agar aktivitas fisik satu ini terasa lebih menyenangkan, lakukanlah gaya jalan yang tepat. Caranya, ayunkan lengan ke depan dan ke belakang atau memutar bahu ke atas dan ke bawah. Dengan melakukan gaya seperti ini, aktivitas berjalan Anda jadi tak membosankan, sehingga Anda pun lebih bersemangat ketika melakukannya. 


2. Ikut Jalan Sehat di Komunitas atau Acara Kantor

Biasanya, akhir pekan adalah waktu bagi para komunitas atau perusahaan untuk mengadakan acara jalan sehat. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen yang tepat ini sebagai ajang olahraga sekaligus silahturahmi dengan teman-teman atau orang-orang baru.

ARTIKEL LAIN | Agar Jantung Sehat, Biasakan 5 Cara Mudah Ini!

Setiap anggota atau pegawai akan diminta berkumpul di titik tertentu dan melakukan jalan kaki bersama-sama sampai lokasi yang sudah ditentukan. Suasana yang semarak membuat rute perjalanan yang jauh jadi terasa dekat. Apalagi jika Anda melakukan jalan sehat bersama dengan keluarga, pasangan, atau teman-teman dekat.


3. Sempatkan Jalan Kaki Tiap Hari

Agar terbiasa jalan kaki setiap hari, Anda bisa memulainya dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya, lebih memilih berjalan kaki ketimbang naik motor ketika ingin pergi ke tempat yang tidak jauh dari rumah.

Selain itu, jika memungkinkan, gunakan moda transportasi umum ketimbang membawa kendaraan pribadi. Namun, turunlah satu halte sebelum halte yang Anda tuju, sehingga ada kesempatan bagi Anda untuk berjalan lebih banyak.

BACA PULA | Kaki Tumit Pecah-pecah, Nih 3 Cara Ampuh Mengatasi

Sesekali, cobalah untuk naik tangga untuk sampai ke ruangan. Jika ruangan Anda terletak di lantai yang tinggi, Anda bisa naik tangga terlebih dulu untuk sampai di lantai empat, kemudian lanjutkan dengan lift. 






Manfaatkan Waktu Berjalan Kaki

Intinya, jika ada kesempatan untuk jalan kaki, maka berjalan kakilah.

Agar jalan kaki tidak terasa membosankan, Anda bisa mendengarkan musik lewat headset. 

Mendengarkan musik sambil berjalan-jalan, bisa bikin jarak jalan kaki yang Anda lakukan tak terasa jauh.

reporter | ans

sumber | hellosehat





Share:
Komentar

Berita Terkini