Untuk Penanganan Dini, Sebaiknya Kenali Batuk Anda

Editor: kairos author photo

 

Batuk perlu untuk mengeluarkan partikel-partikel asing dalam tubuh. foto | partentingorami


KAIROS - TAK ada yang suka batuk. Sayangnya, batuk-batuk sebenarnya memiliki tujuan positif yaitu untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan dari partikel asing dan sekresi berlebihan seperti lendir.

Sebagian besar batuk disebabkan virus, tetapi dapat juga disebabkan oleh bakteri.


foto | liputan6




Batuk Pemicu Komplikasi

Batuk yang disebabkan virus biasanya sembuh sendiri dan dapat dengan mudah disembuhkan dengan obat antibatuk atau produk dengan multi-symptom.

Batuk yang disebabkan bakteri dapat mengakibatkan komplikasi, yang mungkin membutuhkan penanganan medis.

Batuk merupakan gejala infeksi pernafasan paling akut. Ini meliputi infeksi saluran pernafasan atas, yang lebih umum terjadi, dan infeksi saluran pernafasan bawah, yang cenderung lebih parah. 

Pengobatan untuk infeksi saluran pernafasan atas dapat memberikan kesembuhan dari gejala. Infeksi saluran pernafasan bawah, seperti radang paru-paru dan bronkitis, adalah lebih parah dan lebih membutuhkan penanganan medis.

Batuk kronis umumnya disebabkan infeksi seperti bronkitis, atau kondisi seperti postnasal drip atau gangguan refluks gastro-esofagus (GERD). Selain itu, saluran nafas dapat menjadi lebih peka menyusul infeksi pernafasan akut. Hal ini juga dapat mengakibatkan batuk kronis.

Pada anak-anak, batuk akut biasanya disebabkan virus yang memengaruhi saluran pernafasan atas, sedangkan batuk kronis dapat disebabkan  kondisi seperti asma, GERD atau postnasal drip. 


Menghilangkan Batuk

 Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengobati batuk yang bergantung pada jenis batuk dan penyebabnya.


Obat

Dalam kebanyakan kasus, batuk yang disebabkan infeksi virus dapat diobati dengan obat antibatuk dan produk dengan multi-symptom seperti Panadol Flu & Batuk.

Ada dua pendekatan umum untuk meredakan batuk:

• Pereda batuk, seperti dekstrometorfan, yang mengurangi dorongan untuk batuk, dapat digunakan untuk meredakan batuk kering (tanpa lendir).

• Ekspektoran, seperti guaifenesin, yang membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas dan melancarkan batuk, dapat digunakan untuk meredakan batuk ‘basah’ (dengan lendir).

 

Pengobatan Rumahan

Bagi penderita yang suka menggunakan pengobatan rumahan, madu adalah pilihan populer. Madu melegakan tenggorokan, sehingga mengurangi iritasi dan kemungkinan batuk.

Namun madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah 1 tahun. 


Hindari Pemicu

Jika Anda memiliki alergi atau menderita asma, singkirkan alergen dari rumah Anda dan gunakan pendingin ruangan untuk menyaring udara selama musim penyerbukan. Hindari merokok atau menghirup asap rokok secara pasif karena hal ini dapat memperparah batuk Anda. 

Jika gejala tetap berlanjut atau memburuk, Anda harus konsultasikan ke dokter ya sahabat KAIROS. Semoga bermanfaat.

reporter | adm

sumber | panadol

Share:
Komentar

Berita Terkini