Wow, Ini 10 Manfaat Naik Sepeda Setiap Hari

Editor: kairos author photo

 

Tubuh bugar jika naik sepeda. foto | pixabay

KAIROS - UNTUK berfungsi normal dan menjaga kesehatan, manusia membutuhkan aktivitas fisik. Ini penting agar tetap bugar dan sehat, tubuh harus aktif dan rutin berolahraga.  Salah satu olahraga yang paling mudah dan sangat dianjurkan yakni naik sepeda (bersepeda).

Naik sepeda, salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan Anda terkait dengan gaya hidup yang tidak aktif. 


Naik Sepeda untuk Segala Usia

Ini dianggap latihan yang sehat dan dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia. 

Bersepeda dapat membantu Anda melindungi diri dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes dan radang sendi. 

Sekadar diketahui, naik sepeda pun digunakan sebagai moda transportasi di banyak negara. Mulai dari mengencangkan otot hingga mencegah penyakit kardiovaskular.


Manfaat Naik Sepeda untuk Kesehatan

Yuk, sahabat KAIROS, mari kita lihat 10 manfaat kesehatan bersepeda setiap hari. 


foto | pixabay


1. Memperkuat Otot Tulang 

Bersepeda secara teratur membuat anda banyak mengayuh, yang dapat memperkuat otot-otot kaki dan juga sendi pinggul dan lutut. Bersepeda juga memperkuat otot lengan dan secara umum meningkatkan fungsi otot tubuh. 


2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular 

Saat Anda bersepeda, jantung berdetak lebih cepat daripada kecepatan normal. Ini dapat meningkatkan kesehatan jantung. Orang-orang yang bersepeda setiap hari untuk bekerja atau ke tempat lain cenderung tidak akan mengalami tekanan darah tinggi. 


foto | pixabay


3. Membangun Kekuatan Tubuh 

Naik sepeda bisa meningkatkan stamina tubuh dan meningkatkan daya tahan seseorang. Olahraga ini bermanfaat bagi tubuh karena dapat meningkatkan tingkat energi Anda. Jika tingkat energi Anda tinggi, Anda tidak akan mudah lelah. 


foto ilustrasi | muleketo

4. Bersepeda Penghilang Stres 

Jika Anda ingin menghilangkan stres, cobalah bersepeda setiap hari. Bersepeda membantu dalam memerangi stres, depresi dan kecemasan; dan jika dilakoni secara rutin bisa mengobati berbagai kondisi kesehatan mental.  


Bisa menurunkan berat badan. foto | dok kairos

5. Bersepeda, Turunkan Berat Badan 

Bersepeda, cara yang baik untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan tubuh. Bersepeda melatih otot-otot paha, pantat dan juga meningkatkan tingkat metabolisme Anda, sehingga mengurangi lemak perut Anda. Satu jam bersepeda yang dapat membakar banyak kalori. 

BACA JUGA | Manfaat Donor Darah, Mungkin Anda Belum Tahu

BACA PULA | Kulit Wajah Berminyak Atasi dengan 9 Cara Mudah

ARTIKEL LAIN | Penis Sulit Tegang, Urusan Ranjang dan Keluarga Bisa Terguncang


6. Mengontrol Diabetes 

Penyakit diabetes memicu meningkatkan risiko serangan jantung, stroke (struk) dan kadar gula darah. Bersepeda setiap hari akan membantu menurunkan risiko diabetes dan ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Bersepeda setiap hari selama lebih dari 30 menit akan menurunkan risiko diabetes hingga hampir 40 persen. 

7. Menurunkan Risiko Kanker 

Kurang berolahraga dapat menyebabkan kanker kolon dan payudara. Orang-orang yang rutin berolahraga dengan aktivitas fisik sedang hingga tinggi, yang meliputi bersepeda dan berlari, diketahui memiliki risiko kanker yang lebih rendah. 


8. Meningkatkan Mobilitas 

Naik sepeda, bentuk latihan yang ideal untuk orang yang menderita osteoartritis. Ini salah satu latihan terbaik untuk mencegah atau mengurangi radang sendi karena sendi. Bersepeda juga dikenal untuk meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh. 

9. Meningkatkan Pergerakan Usus 

Bersepeda, jenis latihan aerobik yang mempercepat pernafasan dan detak jantung Anda, yang membantu menstimulasi kontraksi otot-otot usus. Ini akan mencegah Anda merasa kembung dan akan membantu melindungi Anda dari kanker usus. 


foto | pixabay

10. Meningkatkan Kekuatan Otak 

Anda Ingin meningkatkan daya ingatan Anda? Sejak sekarang mulailah bersepeda. Naik sepeda membantu membangun sel-sel otak baru di hippocampus yang merupakan wilayah yang bertanggungjawab terkait daya ingat seseorang. Bersepeda meningkatkan oksigen dan aliran darah ke sel-sel otak dan bahkan dapat menangkal penyakit Alzheimer.

Demikian ya sahabat KAIROS, manfaat yang bisa kita dapatkan dari naik sepeda. Semoga info ini bermanfaat untuk kesehatan kita bersama. Semoga!

reporter | adm

sumber | AyoBogor

Share:
Komentar

Berita Terkini