4 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Editor: kairos author photo
Sebaiknya gunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat. foto | pixabay

KAIROS - ANDA punya masalah jerawat, sahabat KAIROS? Sebaiknya Anda jangan panik. Banyak cara untuk menghilangkan jerawat secepat mungkin. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa harus merogoh kocek banyak untuk konsultasi ke dokter kulit.

Cara alami untuk menghilangkan jerawat ini diyakini secara cepat bisa menyingkirkan jerawat yang mengganggu Anda selama ini.


Cara Alami Hilangkan Jerawat 

Sekadar diketahui, jerawat merupakan penyakit kulit umum yang mempengaruhi sekitar 85% orang di beberapa titik dalam hidup mereka. Jerawat biasanya bisa membuat si penderita frustasi lantaran merasa sulit menghilangkannya. Padahal tanpa disadari masih ada cara alami untuk menghilangkan jerawat.

Ada banyak manfaat yang diperoleh ketika menyembuhkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan yakni tanpa efek samping, misalnya takut iritasi kulit dan kekeringan.

Karena itu, sudah banyak orang beralih ke alternatif pengobatan alami. Soalnya, ada banyak obat jerawat alami di luar sana yang terbukti secara ilmiah dapat membantu.


Cara Praktis Alami Hilangkan Jerawat

Agar Anda terbantu mengatasi persoalan itu, ada baiknya Anda menyimak bahkan bila perlu mempraktikkan langsung ulasan 4 cara alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, berikut ini.

foto | pixabay

1. Gunakan Minyak Esensial Lainnya

Selain minyak pohon teh, ada banyak minyak esensial lainnya dengan sifat antibakteri dan anti-radang yang dapat membantu membersihkan sekaligus menghilangkan jerawat dengan cepat. Masih banyak sebenarnya khasiat bahan alami yang bisa Anda manfaatkan seperti minyak kayu manis, mawar, Rosemary dan serai, lavender hingga cengkeh. Seluruh bahan alami ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Jerawat

> Campurkan satu bagian minyak esensial dengan sembilan bagian air.

> Celupkan kapas ke dalam campuran dan gunakan langsung ke jerawat.

> Oleskan pelembab, jika diinginkan.

> Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

Teh hijau. foto | gempi 

2. Terapkan Teh Hijau ke Kulit

Banyak orang minum teh hijau untuk manfaat kesehatannya. Tetapi tahu kah Anda sahabat KAIROS, teh hijau itu juga dapat membantu menghilangkan jerawat bila dioleskan ke kulit.

Teh hijau dipercaya mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Ini juga tinggi kadar antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG)nya, yang telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan jerawat.

Sebenarnya ada beberapa produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung teh hijau. Selain prosesnya sederhana, juga hebat biaya, praktis Anda cukup membuat campurannya sendiri di rumah.

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Jerawat

> Masukkan teh hijau ke dalam air mendidih selama 3-4 menit.

> Biarkan teh hingga menjadi dingin.

> Oleskan ke wajah Anda dengan kapas atau spritz menggunakan botol semprot.

> Biarkan selama 10 menit atau semalam, lalu bilas wajah Anda dengan air.

> Terapkan 1–2 kali per hari, sesuai kebutuhan. Ini dapat disimpan di kulkas hingga dua minggu.

Lidah Buaya. foto | pixabay

3. Melembabkan Kulit dengan Lidah Buaya

Tanpa kita sadari, tanaman lidah buaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Bahkan zaman dulu, sebelum marak diperjualbelikan beranekaragam shampo, orang terkhusus wanita semata-mata mengandalkan lidah buaya untuk keindahan rambutnya.

Ternyata, faktanya lidah buaya juga mampu menghilangkan jerawat. Ketika diaplikasikan pada kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan dan mendorong penyembuhan luka.

Karena itu, ini termasuk perawatan populer untuk berbagai kondisi kulit termasuk psoriasis, ruam dan luka bakar.

Dalam sebuah penelitian, berbagai konsentrasi gel lidah buaya ditambahkan ke lotion minyak cengkeh-basil dan dievaluasi untuk sifat anti-jerawat. Semakin tinggi konsentrasi lidah buaya dalam lotion, semakin efektif untuk mengurangi jerawat.

Studi lain menemukan bahwa menggunakan 50% gel lidah buaya dengan krim tretinoin secara signifikan lebih efektif dalam membersihkan jerawat daripada krim tretinoin saja. Krim tretinoin, obat jerawat yang berasal dari vitamin A.

Cara Menggunakan Lidah Buaya

> Kupas lidah buaya hingga seperti lendir

> Olesi lidah buaya ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya

> Disarankan agar dicampur dengan minyak cengkeh

> Tunggu 15 menit

> Basuh kembali wajah Anda dengan air bersih

> Ulangi 3 kali dalam seminggu

Sisa (ampas) teh. foto | dokumen KAIROS

4. Jangan Buang Ampas Sisa Teh

Mungkin Anda di rumah setiap pagi mengonsumsi teh manis. Namun kali ini disarankan Anda untuk tidak buru-buru membuang ampas teh, sisa pembuatan teh manis itu. Pasalnya, ampas teh dimaksud juga berkhasiat menghilangkan jerawat. 

Bahkan jika Anda rutin menggunakan ampas teh manis itu ke wajah, dipercaya mampu mengobati jerawat serta bekas (noda) jerawat itu sendiri.

Bahan alami ini masih meninggalkan getah setelah diseduh menjadi teh manis. Ini baik untuk wajah. Bahkan getah yang tertinggal itu punya khasiat membersihkan wajah dari kulit minyak. Ketika menggunakan ampas teh, jangan lupa mencampurnya dengan minyak cengkeh sehingga Anda mendapatkan hasil maksimal.

Cara Menggunakan Ampas Teh

> Campurkan ampas teh ke minyak cengkeh

> Terlebih dulu bersihkan wajah Anda dengan air bersih

> Olesi ke wajah Anda campuran ampas teh itu

> Tunggu hingga 15 menit

> Bersihkan kembali wajah Anda

> Lakukan hingga 3 kali seminggu

Demikian sahabat KAIROS, 4 cara alami untuk menghilangkan jerawat Anda. Tak ada salahnya jika mencoba tips ini, semoga bermanfaat. 

reporter | adm

Share:
Komentar

Berita Terkini