5 Jurus Jitu Tangkis Rasa Lapar Tengah Malam

Editor: kairos author photo
Lapar tengah malam jadi kebiasaan buruk untuk kesehatan. foto | liputan6

KAIROS -  LAPAR tengah malam? Rasanya orang sering mengalaminya. Tapi makan tengah malam sebenarnya kebiasaan buruk yang seharusnya dihentikan. Selain tidak sehat lantaran memicu risiko banyak penyakit kronis, kebiasaan ini juga bisa bikin Anda gemuk ya sahabat KAIROS. Apalagi bagi orang yang sedang berdiet. 


Upaya Mencegah Lapar Tengah Malam

Nah, selanjutnya bagaimana cara mencegah lapar tengah malam?

Ada beberapa hal yang harus Anda lakoni untuk mencegah rasa lapar itu.


1. Tidur Lebih Awal

foto | pixabay

Sebuah studi menunjukkan orang yang suka tidur larut malam atau begadang lebih cenderung merasa sangat kelaparan di tengah malam. Makanya, jangan tunda waktu tidur Anda.

Semakin cepat Anda tidur, semakin sedikit kesempatan bagi Anda untuk pergi ke dapur untuk buka-buka kulkas mencari cemilan. 

Agar cepat tidur, matikan layar TV Anda dan jauhkan gadget seperti ponsel atau laptop menjelang tidur. Anda juga bisa minum susu hangat sebelum tidur agar bisa terlelap lebih nyenyak tanpa terbangun kelaparan.


2. Gosok Gigi Usai Makan Malam

foto | dokumen KAIROS

Sebagaimana diberitakan Verywell Fit, orang yang sedang diet biasa mengunyah permen karet mint sebelum tidur untuk mencegah ngidam ngemil setelah makan malam.

Sensasi bersih dan dingin dari mint membuat mereka enggan untuk mengotori kembali mulut mereka dengan makanan lain. Sensasi mint di mulut juga membuat makanan atau minuman yang masuk terasa pahit.

Jika Anda tidak punya perment mint di rumah, ganti dengan cepat-cepat gosok gigi setelah makan malam dengan odol perisa mint atau lainnya yang juga memberikan sensasi segar dan dingin pedas. Plusnya, Anda juga jadi sekalian membersihkan gigi.


3. Cukup Makan Siang Hari

Ketika makan siang, harus cukup. foto | dokumen KAIROS

Untuk mencegah lapar di tengah malam, Anda tak perlu takut-takut makan di siang hari. Memaksa membatasi asupan kalori sepanjang hari justru membuat Anda gampang lapar tengah malam dan akhirnya jadi makan berlebihan.

Sebaiknya penuhi kebutuhan Anda dengan baik saat siang hari, jangan menahan-nahan untuk tidak makan.


4. Makan Makanan Protein Tinggi dan Kaya Serat

foto | pixabay

Protein dan serat, sumber zat gizi yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga bantu menurunkan kolesterol jahat LDL yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Maka, penuhi piring makan malam Anda dengan sumber protein hewani (daging ayam/sapi/ikan tanpa lemak, keju, susu, yogurt) atau nabati (tahu, tempe, kedelai, dan kacang-kacangan) dan sumber serat seperti buah dan sayuran segar. Buah pun bisa Anda jadikan camilan sebelum tidur untuk mengganjal perut supaya tidak gampang terbangun karena lapar tengah malam.


5. Cari Kesibukan Sebelum Tidur 

foto | dokumen KAIROS

Biasanya, semakin malam semakin sedikit aktivitas. Namun jika kondisi memaksa Anda untuk tidur larut malam, cari kesibukan lain untuk mengalihkan pikiran Anda untuk iseng ngemil. 

Misalnya, membaca buku atau meditasi. Hal ini akan membantu menjaga pikiran Anda teralihkan dari lapar hingga akhirnya juga membuat Anda tertidur lebih mudah.

Demikian sahabat KAIROS, semoga bermanfaat.

reporter | adm2

sumber | hellosehat/Verywell Fit

Share:
Komentar

Berita Terkini