5 Tips Meningkatkan Energi di Pagi Hari

Editor: kairos author photo

foto ilustrasi | pexels

KAIROS  - MENINGKATKAN  energi pagi hari? Mungkin kamu sering merasa tidak bersemangat di pagi hari, ya? Atau rutinitas di pagi hari sudah cukup menguras tenagamu. Lantas, adakah cara agar bisa tetap berenergi di pagi hari dan terhindar dari rasa lelah sepanjang hari?


Memilih Teh atau Kopi

foto | kairos

Sebagian besar orang memilih untuk minum teh atau kopi guna meningkatkan energi di pagi hari dan membuat wajah lebih segar saat bangun tidur. Jika kamu kurang menyukai minuman tersebut, tenang saja, ada cara lain kok yang bisa kamu lakukan.


5 Tips Tingkatkan Energi di Pagi Hari

Cara agar Anda selalu fit, inilah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan energi:


1. Bangun 15 Menit Lebih Awal

foto | pixabay


Bangun tidur dengan kondisi terburu-buru bisa membuat energimu terkuras, karena harus melakukan semua persiapan pagi hari dengan cepat. Untuk mencegah hal ini, yuk, biasakan bangun pagi 15 menit lebih awal mulai sekarang. Bangun tidur lebih awal akan membuatmu punya waktu untuk mempersiapkan semua kebutuhan di pagi hari tanpa tergesa-gesa.


2. Minum Air Putih

foto | kairos


Tidur semalaman tetap akan menguras cairan tubuhmu. Makanya, biasakanlah untuk segera minum air putih setelah bangun tidur. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum segelas air putih juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan energi di pagi hari, lho.


3. Olahraga Ringan

foto | kairos

Walaupun Anda biasa menjadwalkan olahraga di sore atau malam hari, tetaplah usahakan untuk berolahraga ringan atau sekadar berjalan santai sebelum berangkat kerja. Dengan begitu, tubuh Anda akan melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin, yang akan membuatmu lebih berenergi.

Tidak hanya itu, rutin berolahraga ringan di pagi hari juga bisa membuatmu lebih mudah dan lebih nyenyak tidur di malam hari.


4. Hibur Diri Sejenak

foto | kairos


Sebelum memulai aktivitas, tidak ada salahnya menghibur diri sejenak dengan mendengarkan lagu favorit atau mengobrol santai dengan anggota keluarga. Menghibur diri sejenak di pagi hari akan membuatmu lebih rileks dan lebih siap untuk beraktivitas di pagi hari.


5. Sarapan

foto | kairos

Sesibuk apa pun, Anda jangan melewatkan sarapan. Setidaknya ada dua manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutin sarapan, yaitu memberikan energi untuk beraktivitas dan menurunkan tingkat stres.

Tapi ingat, untuk mendapatkan manfaat ini, makanan yang dikonsumsi saat sarapan juga harus sehat. Beberapa pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai menu sarapan adalah nasi, gandum, roti, sayur-sayuran, buah-buahan dan susu.

Nah, semoga bermanfaat ya sahabat KAIROS!

sumber | alodokter

Share:
Komentar

Berita Terkini