Biar Tetap Semangat, 7 Kebiasaan Sehat Pagi Hari

Editor: kairos author photo


Sejak bangun tidur, lakoni kebiasaan sehat. foto | pixabay

KAIROS - PELBAGAI jenis penyakit bermunculan, mendorong masyarakat untuk melakoni pola hidup sehat. Berbagai hal bisa dilakoni seperti olahraga secara rutin serta menjaga pola makan. World Health Organization (WHO) senantiasa mengingatkan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan yang ada di dunia.

7 Kebiasaan Hidup Sehat di Pagi Hari

Nah, agar kita tetap sehat, sejak sekarang mulailah bergaya hidup sehat dari hal-hal kecil, seperti 7 kebiasaan sehat di pagi hari berikut ini!


1. MINUM AIR PUTIH

Air putih. foto | dokumen KAIROS


Saat bangun tidur, pastinya kamu akan merasa haus karena tubuh tidak mengonsumsi air semalaman. Pulihkan tubuh yang dehidrasi dengan minum air putih di pagi hari yang juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh. Saat liburan, biasakan juga untuk selalu menyediakan air putih di kamar hotel. Bangun tidur, bisa langsung minum.

Anda bisa tahu apakah tubuh Anda dehidrasi atau tidak dari warna urin. Jangan sampai urin kamu berwarna kuning gelap. Tubuh dengan tingkat hidrasi yang baik memiliki urin yang berwarna putih bening.


2. OLAHRAGA

foto | dokumen KAIROS


Seperti yang sudah diketahui banyak orang, olahraga punya manfaat yang menyehatkan. Kalau Anda olahraga di pagi hari, Anda bisa punya dorongan energi untuk beraktivitas. Tak perlu olahraga yang berat-berat, kamu bisa jogging atau sekadar stretching untuk melemaskan otot-otot. Kalau rutin, tubuh Anda akan lebih imun dari serangan penyakit. Jadi bisa selalu fit.


3. BANGUN SEPAGI MUNGKIN

foto | pixabay

Buat Anda yang morning person, beruntunglah karena bangun pagi setidaknya jam 6 lebih menyehatkan daripada bangun lebih siang. Anda bisa jalan-jalan menghirup udara di pagi hari yang belum tercemar polusi. Bangun lebih pagi juga berarti kamu akan punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang produktif.


4. MEMBACA BUKU

foto | dokumen KAIROS


Baca buku di pagi hari punya beragam manfaat. Seperti meredakan stres dan sebagai ‘pemanasan’ untuk otak sebelum memulai hari. Apalagi kalau Anda baca buku yang bermanfaat, bisa sekaligus menambah wawasan. Makanya, jangan lupa tambahkan buku favoritmu di packing list saat Anda sedang berlibur!


5. KONSUMSI SARAPAN BERGIZI

foto | dokumen KAIROS


Makanan yang Anda konsumsi saat sarapan bisa menentukan energi yang dimiliki oleh tubuh. Karena itu, waktu sarapan jadi waktu makan yang paling penting dalam satu hari. Pilihlah sarapan dengan bahan-bahan yang alami, seperti salad, buah-buahan, atau bubur oat. So, bangun tidur jangan langsung jalan-jalan, bisa sarapan dulu.


6. DENGARKAN MUSIK

foto | dokumen KAIROS


Mendengarkan musik dapat menyegarkan otak. Anda bisa pasang lagu yang upbeat atau lagu favorit Anda biar bisa memulai hari dengan semangat. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif saat memulai harimu ya sahabat KAIROS.


7. MENULIS JURNAL

foto | dokumen KAIROS


Siapa sangka kalau menulis jurnal bisa jadi hal yang menyehatkan? Yup, dengan menulis jurnal di pagi hari kamu bisa jadi lebih kreatif. Di dalam jurnal Anda juga bisa menulis apa saja yang mau Anda lakoni di hari itu. 

Tulis juga tempat-tempat wisata yang mau kamu kunjungi supaya nggak ada yang kelewatan. Itu kalau Anda sedang berlibur. Dengan punya jurnal, kegiatan Anda bisa lebih teratur dan Anda bisa jadi pribadi yang disiplin.

Nah, jadi nggak ada alasan buat menghindari hidup sehat, bukan? 

reporter | adm

sumber | pegipegi

Share:
Komentar

Berita Terkini