Cara Mudah Mengajak Balita Menyikat Gigi

Editor: kairos author photo
foto | pixabay

KAIROS - Punya anak yang harus diperkenalkan dengan sikat gigi dan rutinitas menyikat gigi selalu menjadi tantangan bagi orangtua baru. Belum lagi rutinitas ini harus dilakukan di pagi hari di saat Anda harus berjuang dengan jam sibuk di pagi hari.

Sebagai orangtua juga kita tidak bisa memaksa mereka meskipun itu untuk kebaikan dan kesehatan gigi mereka. 

Maka dari itu, untuk mempermudah sesi menyikat gigi, berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya menyenangkan bagi anak Anda.



Rasa Pasta Gigi

Biarkan anak Anda memilih pasta gigi dan sikat gigi sesuai dengan keinginan mereka adalah cara terbaik untuk mereka gunakan nantinya. Ketika Anda memaksakan kehendak Anda untuk menggunakan sikat gigi dan pasta yang menurut Anda bagus, belum tentu mereka akan bisa menyukai.

Pasta gigi bayi tersedia dalam berbagai warna dan rasa. Anda cukup periksa apakah produk itu bebas fluorida sehingga meskipun mereka menelannya secara tidak sengaja, Anda tidak perlu khawatir.


Mainkan Musik

Anak-anak tidak perlu menyikat gigi lebih dari dua menit. Tetapi sulit untuk membuat mereka melakukannya bahkan selama 30 detik. Memainkan lagu atau puisi favorit mereka adalah cara yang efektif untuk membuat mereka melakukannya lebih lama, sambil menari mengikuti irama lagu. Bahkan, Anda bisa memainkan pantun yang mengajak anak untuk menggosok gigi.


Mainkan Game Sikat Gigi

Jika Anda mengikutkan permainan dalam aktivitas apa pun, itu selalu bisa menjadi menyenangkan. Membiarkan mereka berlatih menyikat gigi dengan mainan mereka dan menceritakan kisah menyenangkan tentang melawan kuman bisa menjadi strategi permainan yang baik untuk membuat anak menyikat gigi.


Apresiasi Mereka

Ketika anak-anak diberi penghargaan untuk sesuatu, mereka akan melakoninya lebih sering. 

Apalagi jika Anda memberi hadiah kepada anak Anda saat dia menyikat gigi dengan baik, itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya. 

Memuji seorang anak atas usaha mereka, cara terbaik untuk menyemangati rutinitas baru mereka.


Memberi Contoh

Anak-anak suka meniru orang tua mereka. Jika Anda rutin menyikat gigi di depan anak, otomatis mereka akan terdorong untuk melakukannya. 

Waktu menyikat keluarga dapat membuat aktivitas ini menjadi menyenangkan bagi anak Anda.

Jadi sahabat KAIROS, menyikat gigi anak yang dimulai sejak dini, penting ya. Semoga info ini bermanfaat.

sumber | Parenting/mistar

Share:
Komentar

Berita Terkini