Cek Kesehatan Kuku, Awas Tanda Penyakit Tertentu

Editor: kairos author photo
foto ilustrasi | Shutterstock

KAIROS - MEMANG setiap bagian tubuh itu penting, tak terkecuali kuku. Organ ini pun ternyata dapat menunjukkan banyak hal tentang kesehatan kita, mulai dari penyakit paru-paru hingga alergi.

Berikut tanda yang bisa dilihat dari kuku tentang kesehatan Anda:

1. Kuku Merah

Jika kuku berubah dari warna merah muda biasa menjadi merah tua, Anda mungkin menderita penyakit jantung. Dan, jika kemerahan ini meluas ke kutikula, kemungkinan ini tanda dari penyakit autoimun Lupus.


2. Kuku Putih yang tak Biasa

Kuku umumnya berwarna merah muda terang. Tetapi ketika menjadi putih yang tidak biasa, itu adalah tanda beberapa komplikasi kesehatan, misalnya masalah hati.


3. Kuku Menebal

Setiap orang memang memiliki bentuk dan tekstur kuku yang berbeda, tetapi ketika Anda melihatnya tumbuh lebih tebal dan cepat dari biasanya, kemungkinan itu adalah tanda infeksi jamur.


4. Garis Vertikal Tebal

Banyak orang mengabaikan garis-garis yang tidak biasa pada kuku mereka karena tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, kondisi khusus pada kuku Anda ini dapat menunjukkan sedang menderita penyakit serius.

Jika Anda melihat kuku ditutupi garis vertikal gelap, yang dikenal sebagai melanonychia linier, anggap ini sebagai tanda Subungal Melanoma, suatu bentuk kanker kulit agresif yang hanya menyerang bantalan kuku.


5. Kuku Rapuh

Kuku rapuh, masalah umum yang ditandai dengan kuku lemah dan tipis. Ini sering kali menunjukkan tubuh Anda kekurangan vitamin.

Kuku rapuh juga sering dikaitkan dengan tiroid atau infeksi kuku jamur.

Semoga info ini bermanfaat ya Sahabat KAIROS

sumber | The Health Site/suara

Share:
Komentar

Berita Terkini