Gusi Anda Bermasalah, Hati-hati! Bisa Berisiko Penyakit Jantung

Editor: kairos author photo
foto | correcto

KAIROS - SEBUAH penelitian baru menunjukkan bahwa masalah gusi bisa memperburuk peradangan di tubuh. Dalam hal ini gusi yang bermasalah atau periodontitis menyebabkan bakteri dalam plak gigi memicu serangan sistem kekebalan, memengaruhi jantung Anda.

Kondisi ini akan memicu peradangan yang seiring waktu mengikis jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Melansir dari Medical News Today, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa hampir setengah dari orang dewasa di atas 30 tahun di Amerika Serikat menderita penyakit periodontal.

Penelitian menunjukkan bahwa periodontal berkontribusi pada berbagai kondisi kesehatan lain yang dipicu oleh peradangan kronis. Beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh peradangan kronis adalah radang sendi, penyakit jantung, diabetes, kanker, penyakit pernapasan dan demensia.

Studi dari para peneliti di Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Toronto, Kanada ini telah mengungkapkan bahwa penyakit gusi memicu sel darah yang disebut neutrofil. Hal ini yang kemudian bereaksi berlebihan terhadap infeksi pada tempat lain di tubuh.

Neutrofil yang merupakan bagian dari pertahanan kekebalan bawaan tubuh melepaskan molekul pemberi sinyal yang disebut sitokin, di mana bisa memperburuk peradangan.

"Kondisi ini membuat seolah-olah sel darah putih berada di gigi kedua padahal seharusnya berada di urutan pertama," kata penulis senior studi Prof. Michael Glogauer.

"Neutrofil jauh lebih mungkin untuk melepaskan sitokin jauh lebih cepat, yang mengarah ke dampak yang negatif," imbuhnya. 

Sementara itu, hasil dari penelitian ini telah diterbitkan pada Journal of Dental Research.

sumber | suara

Share:
Komentar

Berita Terkini