Gusi Bengkak, Obati dengan 5 Cara Mudah dan Cepat

Editor: kairos author photo

 

foto | thinkstock

KAIROS - SETIAP orang pasti pernah merasakan gusi bengkak. Gusi bengkak ditandai dengan adanya bagian yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung. 

Biasanya gusi bengkak bisa diobati dengan memberikan perhatian pada kebersihan mulut. Bahan alami yang paling sering digunakan orang-orang apabila mengalami gusi bengkak adalah berkumur dengan air garam.


Bahan Alami Obati Gusi Bengkak

Namun setelah ditelusuri, gusi bengkak tidak cuma bisa diobati dengan berkumur air garam

Ada bahan alami lainnya yang bisa mengobati gusi bengkak.


1. Kompres dengan Es atau Air Hangat

Salah satu tips untuk mengobati gusi bengkak dengan mengompres gusi dengan es batu. Kompres dengan es batu dapat digunakan ketika gusi bengkak tidak disertai dengan nyeri atau berdenyut.

Kemudian untuk gusi yang disertai dengan nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.


2.Berkumur dengan Daun Jambu Biji

Ingin gusi lebih cepat kempes? Kamu bisa mengobatinya dengan menggunakan daun jambu biji. Kamu bisa merebus daun jambu biji dan gunakan air tersebut untuk berkumur.


3. Berkumur dengan Lemon

Kandungan asam pada lemon dapat mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Karena itu, lemon juga bisa mengobati gusi yang bengkak. Caranya, kamu dapat berkumur menggunakan perasan air hangat yang telah dicampur perasan lemon.


4. Tempelkan Bawang Merah

Bawang merah mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Oleh karena itu, kuman penyebab gusi bengkak dapat diobati dengan bawang merah.

Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.


5. Gunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan. Kamu dapat mengoleskan minyak cengkeh langsung pada gusi bengkak. Bahkan minyak cengkeh juga bisa digunakan untuk berkumur, caranya gunakan air yang diteteskan minyak cengkeh.

Demikian sahabat KAIROS, semoga bermanfaat.


sumber | correcto

Share:
Komentar

Berita Terkini