Guting Kuku Malam Hari, Apakah Berbahaya?

Editor: kairos author photo
Jika kuku panjang berpotensi menyimpan penyakit. foto | dokumen kairos

KAIROS - MEMANG tak semua orang sepakat tidak boleh memotong kuku pada malam hari. Lantas, kira-kira kegiatan ini mitos atau fakta, ya?

Memotong kuku, hal yang umum untuk menjaga kebersihan dan higienitas tubuh gar tak menimbulkan penyakit. Apalagi untuk kaum hawa, ini kegiatan yang menunjang kecantikan.

Pasalnya, penumpukan kotoran dan kuman di ruang di antara kuku dan jari dapat menyebabkan ketidaknyamanan, bau kaki, hingga infeksi.

Namun, banyak orang mengatakan bahwa memotong kuku kaki tidak boleh sembarangan. Pasalnya, ada kepercayaan yang meyakini bahwa memotong kuku di malam hari adalah hal yang dilarang. Ini tidak hanya diyakini oleh sebagian tradisi di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain.

Lalu, apakah benar memotong kuku di malam hari itu berbahaya? Apakah ada penjelasan ilmiah dibelakangnya, atau itu hanyalah mitos belaka?

foto | beautynesia

Bahaya Memotong Kuku Malam Hari

Dari sekian banyak aktivitas, memotong kuku masuk dalam aktivitas yang tidak dianjurkan atau bahkan dilarang pada malam hari. Hal ini tentu sangat aneh mengingat potong kuku adalah metode perawatan tubuh sehari-hari. Beberapa orang mencoba untuk membuat penalaran atas anjuran orangtua yang satu ini.

Jika dinalar dengan logika, memotong kuku pada malam hari dilarang karena itu adalah kegiatan yang berbahaya. 

Bayangkan saja jika orang zaman dulu harus memotong kuku dalam kondisi rumah yang gelap tanpa lampu. 

Pasalnya, pada masa lalu tidak ada penyediaan listrik 24 jam di rumah-rumah seperti yang kita miliki saat ini. Selain itu, gunting kuku juga belum ditemukan pada masa itu. 

foto | dokumen KAIROS

Memotong Kuku Malam Hari Memang Dilarang

Orang di masa itu harus mengguakan ujung tajam dari alat-alat seperti pisau untuk memotong kuku. Itulah sebabnya memotong kuku di malam hari dilarang karena berbahaya dan bisa memotong jarimu.

Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa potong kuku di malam hari berkaitan dengan ilmu hitam. 

Dalam praktik hitam biasanya membutuhkan potongan kuku yang rusak atau bagian tubuh seseorang untuk menjalani prosesnya. Oleh karena itu, orang di zaman dulu meyakini bahwa ketika kuku jatuh di tanah pada malam hari, orang-orang yang melakukan sihir hitam dapat mengumpulkan kuku-kukumu tanpa sepengetahuan kamu dan menggunakannya untuk melakukan kejahatan.

Itulah beberapa alasan mengapa orang zaman dulu meyakini bahwa kita tidak boleh memotong kuku pada malam hari. Namun, jika dipikirkan korelasinya dengan masa kini, tentu hal ini sudah tidak lagi relevan. 

Anda bisa menggunting kuku dengan aman dan nyaman dalam penerangan yang cukup di malam hari. 

Setelah itu, kamu juga dapat segera membuang kuku-kuku yang terpotong ke tempat sampah. Jadi, itu semua hanyalah mitos belaka!

reporter | adm

sumber | beautynesia

Share:
Komentar

Berita Terkini