Hai Cewek, Ini Bahaya Menahan Kencing Loh

Editor: kairos author photo
Menahan kencing, berbahaya untuk kesehatan. foto | suara

KAIROS - MENAHAN kencingm salah satu tindakan berbahaya yang kerap dilakoni banyak orang. Bagi wanita, menahan kencing terlalu lama dapat memiliki konsekuensi yang serius. Benarkah?

Lauren Streicher, M.D dari Redbook mengungkapkan ada jangka waktu tepat bagi seseorang untuk buang air kecil.

"Seseorang seharusnya buang air kecil setiap empat hingga enam jam. Jika kamu terbiasa menahan kencing terlalu lama, maka akan ada dampaknya," jelas Streicher.

foto | dream

Kelepasan Mengeluarkan Kencing

Dampak pertama yang jelas bakal terjadi adalah kamu bakal kelepasan mengeluarkannya.

"Ketika kandung kemih kamu semakin penuh, maka semakin besar peluang kamu tak dapat ke kamar mandi secara tepat waktu," ujar Streicher.

Hasil lain yang dapat muncul, otot panggul yang dapat melemah dan berujung kehilangan kontrol pada fungsi kandung kemih.

"Otot panggul berperan dalam mengatur serta membantu baik dalam mengeluarkan kencing atau menahannya," ungkap Streicher.

"Namun jika kamu terus menerus menahan kencing, akibatnya kamu bakal mengalami disfungsi pada otot panggulmu," sambungnya.

foto | fimela

Timbulkan Rasa Sakit

Dampak lain yang muncul dari menahan kencing ini adalah rasa sakit. Ketika menahan kencing terlalu lama maka akan muncul rasa sakit dan bahkan jika terus menerus terjadi maka rasa ini dapat berlanjut pada perut bagian bawah.

"Jika rasa sakit ini sudah mulai muncul pada perut bagian bawah, rasa sakit ini tidak akan mudah menghilang. Otot kamu bakal menggertak dan bahkan hampur kejang sehingga mereka tidak bisa menjadi santai," jelas Streicher.

Konsekuensi akhir dari kebiasaan menahan kencing ini adalah kandung kemih yang menjadi renggang. 

Jika hal ini terjadi, maka tubuh mulai kehilangan petunjuk kapan kandung kemih harus dikosongkan sehingga dapat berakibat pada seringnya kelepasan buang air.

Walau begitu, Streicher juga menyebut kamu tidak harus tergesa-gesa jika mulai merasa ingin buang air.

"Kamu tidak harus langsung buang air kecil setelah merasa kebelet. Penanda paling penting yang harus dikenali adalah jangan sampai kamu menahannya hingga tak nyaman. Jika sudah merasa tak nyaman, artinya kamu sudah menahannya terlalu lama," tandasnya. 


Upaya Menahan Kencing

Lantas bagaimana cara untuk bisa menahan kencing?

1. Relaksasi Otot Panggul atau Latihan Kegel

Fokus dan cobalah merelaksasikan otot panggul dan perut pada saat yang sama, metode ini bisa membuat otot-otot yang mengelilingi uretra tertutup. Hal ini sangat mirip dengan melakukan latihan Kegel.


2. Silangkan Kaki saat Berdiri

Menyilangkan kaki dapat membantu Anda menahan buang air kecil saat sedang berdiri. Jangan menyilangkan kaki jika Anda sedang dalam keadaan duduk, tapi cobalah menyilangkannya dengan sedikit diangkat (gaya duduk laki-laki). Hal ini dapat menekan kandung kemih.


3. Duduk Tegak

Jika Anda dalam keadaan duduk, cobalah duduk pada posisi tegak dengan punggung lurus agar memberikan ruang maksimal pada kandung kemih. Tekan paha secara bersamaan dan tidak bersandar.


4. Tidak Ganti Posisi

Usahakan tidak mengganti posisi Anda sebelum dapat pergi ke kamar mandi. Jika Anda semula dalam keadaan duduk, maka tetaplah duduk. Mengubah posisi tubuh dapat menyulitkan Anda menahan buang air kecil.


5. Alihkan Pikiran

Mengalihkan pikiran untuk sementara waktu dapat membantu Anda menahan buang air seni. Jangan berpikir apapun yang mengingatkan Anda dengan kamar mandi.

reporter | adm

sumber | merdeka/detik

Share:
Komentar

Berita Terkini