Hai Ibu..!!! Waspadai 5 Tanda Bayi Kedinginan

Editor: kairos author photo
foto | pixabay

KAIROS - ANDA yang mungkin baru saja menyandang status sebagai ibu, penting mengenali tanda-tanda yang bayi misalnya dalam kondisi kedinginan. Ya, memang menjadi suatu hal yang sulit ditafsirkan bagi sebagian besar orang tua baru untuk mengenali tanda bayi kedinginan atau tidak. 

Sebab, bayi sendiri belum mampu mengungkapkan apa yang dirasa dan belum memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya seoptimal mungkin layaknya orang dewasa. 

Tak jarang hal ini berisiko bayiakan mengalami hipotermia, yaitu kondisi tubuh kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin.  

Saat mengalami situasi seperti ini, Anda disarankan untuk tetap memantau apakah suhu bayi cukup hangat, terutama bila si kecil berada di dalam ruangan. Begitu pula saat musim hujan tiba, Anda juga dianjurkan untuk mengawasi suhu bayi saat berada di dalam maupun luar ruangan.  


Tanda-tanda Bayi Kedinginan

Nah untuk membantu Anda memahami kondisi bayi, berikut adalah 5 tanda bayi sedang kedinginan.  


1. Tangan dan Kaki Terasa Dingin 

Ketika bayi kedinginan, ini akan menjadi salah satu tanda yang sangat mudah Anda kenali. Makanya penting untuk selalu memeriksa bagian tangan dan kaki bayi secara rutin. 

Jika tangan atau kaki bayi Anda terasa dingin, berikan dia lapisan tambahan seperti selimut dan kaus kaki agar bagian itu tetap hangat.  

“Selain bagian tangan dan kaki, Anda juga dapat memeriksa bagian belakang leher bayi. Jika terasa dingin, ini bisa menjadi tanda bahwa ia sedang kedinginan,” kata dr Gina Posner selaku dokter anak di MemorialCare Orange Coast Medical Center di Fountain Falley, California, AS. 


2. Kulit Pucat 

Raising Children menilai, bayi kedinginan biasanya akan ditandai dengan warna kulit yang lebih pucat dari biasanya. Namun, jika hal ini disertai dengan kondisi bayi yang tiba-tiba menjadi lesu dan tidak aktif seperti biasanya, ini bisa menjadi salah satu tanda bayi alami hipotermia.  

“Jika hal ini terjadi pada anak Anda, coba hangatkanlah tubuhnya dengan selimut atau lakukan Anda dapat lakukan skin-to-skin contact  atau kontak kulit dengan si kecil. Selain itu, Anda bisa menambahkan topi di kepala bayi agar tetap terasa hangat,” ujar dr. Posner.  


3. Bayi Rewel tanpa Alasan 

foto | pixabay

Di tahapan awal kedinginan, sebagian besar bayi cenderung menjadi rewel tanpa alasan yang jelas. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk memakaikannya kaus kaki atau pakaian yang lebih hangat agar bayi merasa lebih nyaman.  

“Orang tua disarankan untuk memberikan pakaian ekstra pada bayi, seperti jaket. Hal ini untuk memastikan tubuh bayi dalam kondisi hangat dan tak mengalami kedinginan,” ujar dr. Daniel Ganjian selaku dokter anak di Santa Monica, California, AS. 


4. Bayi Mulai Bersin 

Ketika bayi Anda mulai bersin-bersin, ini mungkin dapat menjadi suatu tanda bahwa ia tengah kedinginan. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan hipotalamus, bagian otak yang mengontrol suhu tubuh. Itulah sebabnya, masih kata dr Ganjian, bayi akan bersin saat sedang kedinginan. Hal ini dapat dikatakan normal terjadi dan tidak ada hubungannya dengan infeksi virus flu.  


5. Bayi Tenang dan Diam 

Bayi tiba-tiba terlihat diam merupakan suatu tanda bahaya yang patut Anda waspadai. Sebab, jika bayi Anda terlihat tenang, diam, ditambah tampak lemah, ini menjadi suatu tanda awal dia alami hipotermia. Jangan pernah abaikan kondisi ini, ya. Sebaiknya, Anda segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

sumber | kumparan/Romper

Share:
Komentar

Berita Terkini