Jangan Malas! Ini 4 Aktivitas Sehat Sore Hari untuk Kesehatan

Editor: kairos author photo
Aktivitas sehat sore hari. foto | pantau

KAIROS - USAI menghabiskan waktu berjam-jam di kantor atau di tempat kerjaan, produktivitas orang biasanya akan sangat menurun di sore hari. Rasa lelah dan kantuk pasti mulai menyerang. Dikit-dikit nengok jam terus, sepertinya sudah tak sabar lagi mau pulang ke rumah.


Aktivitas Sehat Sore Hari tak Sulit

Sebentar lagi jam kerja usai. Ada baiknya jika kamu melakukan berbagai aktivitas ringan yang ternyata sangat berdampak pada kesehatan Anda. Tak sulit. Aktivitas ini tanpa sadar sering kita lakukan sehari-hari.

Berikut kegiatan yang bisa Anda lakoni di sore hari atau sepulang bekerja:


1. Stretching

Pekerja biasanya menghabiskan waktu kurang lebih delapan jam dengan duduk di kantor. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan risiko terkena penyakit jantung.

Efek lain yang bisa ditimbulkan akibat duduk terlalu lama yaitu badan terasa pegal, sakit punggung, sampai nyeri leher.

Makanya, biasakan untuk melakukan stretching atau peregangan minimal 10 menit agar tubuh tidak kaku. Peregangan dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar serta mengurangi ketegangan otot yang akan membantu meredakan sakit leher.


2. Berjalan Kaki ke Halte Bus atau Stasiun Kereta

Daripada mengorder ojek online melalui aplikasi, ada baiknya Anda sekadar berjalan kaki menuju halte bus atau stasiun kereta dalam perjalanan pulang ya sahabat KAIROS. Berjalan kaki tentunya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Berjalan dapat menurunkan risiko timbulnya penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga diabetes. Selain itu, berjalan kaki dapat membantu memperkuat otot dan tulang yang membuat tubuh makin sehat.


3. Berdiri di Peron

Roker atau rombongan kereta biasanya kesal jika berdiri sampai stasiun tujuan. Jangan salah, berdiri juga memiliki efek yang baik bagi kesehatan loh.

Berdiri mampu menurunkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Setidaknya menurut beberapa penelitian, berdiri dapat menurunkan kolesterol, kadar gula dalam darah hingga mencegah risiko kanker.

Meski lelah sehabis bekerja dan menemukan tempat duduk yang kosong, lebih baik memberikannya kepada yang lebih membutuhkan. Seperti ibu hamil, ibu dengan balita dan penyandang disabilitas. Di kantor udah duduk lama, jadi di kereta berdiri aja ya.


4. Mandi Sore dengan Air Dingin 

Setelah penat bekerja dari pagi hingga sore hari, tubuh memproduksi keringat yang membuat badan terasa bau, lengket dan tidak nyaman. Mandi sore (red, bukan mandi malam) terutama dengan air dingin selain membuat tubuh lebih bersih, juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Lihatlah pendapat seorang ahli kesehatan dr Joseph Mercola ini. Dia menyebutkan mandi dapat menurunkan tekanan darah, membersihkan arteri yang tersumbat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mandi juga ternyata bermanfaat untuk relaksasi.

Jadi, kamu jangan cuma mandi pas berangkat kerja saja. Sepulang dari kerja juga biasakan untuk mandi ya agar tubuh tetap merasa segar. Semoga!

reporter | adm2

sumber | WinNetNews/detik

Share:
Komentar

Berita Terkini