Jangan Remehkan Sakit Gigi Bisa Jadi Tanda Penyakit Mematikan

Editor: kairos author photo
foto ilustrasi sakit gigi | pixabay


KAIROS - SAKIT gigi sering dianggap remeh dan bisa sembuh sendiri dengan obat dari warung. Padahal, sakit gigi juga bisa menjadi tanda penyakit jantung yang berujung kematian. Maka, jangan remehkan sakit gigi yang sedang Anda alami.


Tanda-tanda Penyakit Jantung

foto ilustrasi | pixabay


Seperti yang sudah diberitakan KAIROS sebelumnya, sakit gigi salah satu indikator serangan jantung. 

Tanda-tanda aneh lainnya mungkin termasuk nyeri lengan, nyeri punggung atas dan muntah.

Penyakit jantung dan paru-paru dapat menyebabkan sakit gigi karena letak saraf vagus Anda. 

Saraf ini mengalir dari otak Anda ke berbagai organ di tubuh Anda, termasuk jantung dan paru-paru. Itu melewati rahang Anda.

Jika dokter gigi Anda mencurigai bahwa Anda menderita serangan jantung, mereka akan mengirim Anda ke unit gawat darurat.


Nyeri Dada yang Parah

Salah satu penyebab penyakit jantung. foto | kairos

Sementara itu, jika dokter gigi Anda mencurigai Anda menderita penyakit jantung atau paru-paru, mereka akan mengarahkan Anda ke dokter untuk pengujian lebih lanjut.

Ingatlah, serangan jantung yang tidak menimbulkan gejala (atau gejala ringan) bisa mengancam nyawa seperti serangan jantung yang menyebabkan nyeri dada yang parah.

Untuk membantu mencegah sakit gigi, sikat dan bersihkan gigi Anda setidaknya dua kali sehari dan perawatan gigi setidaknya dua kali setahun, atau sesering yang direkomendasikan dokter.

Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru Anda dengan tidak merokok, makan makanan rendah lemak dan tinggi serat, dan berolahraga setidaknya 30 menit sehari, 5 kali seminggu. 

Semoga bermanfaat.

sumber | healthline/suara

Share:
Komentar

Berita Terkini