Kalau di Rumah Aja, Anak Rawan Obesitas, Nih Cara Mencegahnya

Editor: kairos author photo
foto | surabayaupdate

KAIROS - DI rumah aja, masa pandemi Corona begitulah imbauan pemerintah kita. Tapi aktivitas yang serba terbatas di rumah acap kali membuat anak jenuh, bosan dan stres. Apalagi aktivitas fisik menjadi sangat berkurang karena anak tidak bisa sembarangan bermain saat wabah seperti ini dengan teman-temannya.

Alhasil kegiatan yang bisa mereka lakukan hanya menonton televisi atau bermain game. 

Seringnya kedua kegiatan tersebut dilakukan anak sambil mengonsumsi aneka kudapan. Duh!

"Gabungan kegiatan ini tentunya akan meningkatkan risiko obesitas pada anak," ujar dr Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Kamis (22/10/2020).

Mencegah obesitas anak semakin parah, maka orangtua harus mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin. Selain mengurangi risiko obesitas, aktivitas fisik juga akan meningkatkan daya tahan tubuh pada anak.

"Maka itu, selagi masih di rumah aja, ada baiknya Anda mengajak si kecil untuk beraktivitas bersama. Jenis kegiatan fisik atau lamanya olahraga yang dilakukan tentunya harus disesuaikan dengan usia anak serta kemampuan perkembangannya," tutur dr. Cynthia.

Jika anak tidak suka berolahraga, aktivitas fisik harian juga bisa dilakukan untuk membuat anak tetap bergerak, seperti berkebun, membantu orangtua mencuci motor atau mobil, bahkan menyapu pun sudah merupakan bentuk aktivitas fisik yang baik.


Cara Mencegah Obesitas Anak

foto | indozone

Selain aktivitas fisik, berikut langkah-langkah mencegah obesitas pada anak di masa pandemi Covid-19:

>  Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Biasakan si kecil mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang dengan jumlah secukupnya serta menghindari kudapan berkalori tinggi.

> Minum air putih dengan jumlah cukup.

>  Konsumsi Buah dan Sayur

Makan sayur dan buah setiap hari agar si kecil cepat merasa kenyang dengan makanan yang sehat.

> Kurangi Nonton TV/Games

Membuat kesepakatan jadwal bersama keluarga untuk mengurangi waktu menonton televisi atau main video games dan digantikan dengan aktivitas fisik seperti jalan pagi atau main (naik) sepeda dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Semoga cara ini bermanfaat untuk kita semua.

sumber | suara

Share:
Komentar

Berita Terkini