Kegiatan 15 Menit Usai Makan Malam untuk Bantu Turunkan Bobot

Editor: kairos author photo
Sekadar berjalan kaki usai makan malam. foto | pixabay

KAIROS - UNTUK turunkan berat badan, Anda bisa mencoba satu kebiasaan ini setelah makan malam. Tak perlu waktu lama, cukup 15 menit saja ber 'passeggiata'.

Ahli Endokrinologi, Dr David Ludwig, MD, PhD mengatakan passeggiata merupakan kebiasaan yang banyak dilakoni orang-orang Italia. Passeggiata berarti jalan kaki singkat dengan tujuan murni untuk mendapat kesenangan.

"Banyak orang Italia melakukan ini beberapa kali sehari, biasanya setelah makan. Anda tidak akan melihat orang berjalan dengan celana spandex atau pedometer," kata Ludwig dalam bukunya 'The Fat Cell Solution'.

Bersenda Gurau dengan Tetangga

Sebaliknya, Anda akan melihat orang-orang begitu menikmati suasana di sekitar, bersenda gurau dengan tetangga atau mengobrol dengan keluarganya sembari berjalan-jalan

Ludwig mengatakan cara ini bisa membantu sel lemak merilis kalori ekstra.

Nah, sebuah studi dalam jurnal Diabetes Care yang melibatkan lansia berisiko diabetes menemukan jalan kaki 15 menit sebanyak 3 kali sehabis makan menambah kemampuan tubuh partisipan dalam mengelola kadar gula darah selama 24 jam.

Jalan kaki dengan durasi singkat itu juga disebutkan sama efektifnya dengan jalan kaki 45 menit sepanjang hari. 

Turunkan Kadar Stres

Tak cuma itu, rutin berjalan kaki beberapa kali sehari disebut juga ampuh menurunkan kadar stres.

"Jika Anda melakukan passeggiata setelah makan malam, ada manfaat lebih di mana itu akan membantu mengkalibrasi ulang jam tubuh. Sehingga, Anda bisa tidur lebih nyenyak. Ini juga jadi cara sederhana untuk membantu pencernaan, meredam lonjakan insulin dan menstimulasi metabolisme, tanpa Anda merasa seperti sedang berolahraga," tambah Ludwig.

Untuk memulainya, setelah makan malam Ludwig menyarankan cobalah jalan kaki di sekitar rumah selama 15 menit, ketimbang Anda duduk dan nonton TV. 

Kemudian, lakukan aktivitas ini di pagi hari, setelah makan siang, atau menjelang sore.

"Jika Anda sudah terbiasa olahraga, itu sangat bagus. Anda hanya tinggal menambahkan passeggiata di sela-sela waktu olahraga," pungkas Ludwig.

reporter | adm2

sumber | Women's Health/detik


Share:
Komentar

Berita Terkini