Kuku Kaki Mengeras? 5 Tips Merawatnya Hingga Sehat dan Indah

Editor: kairos author photo
Tak cuma kuku di jari tangan, kuku kaki pun butuh perawatan. foto | dokumen KAIROS

KAIROS - BENAR juga! Perawatan tak cuma kuku tangan saja. Kuku kaki juga perlu Anda perhatikan sahabat KAIROS. Bayangkan saja, sehari-hari kakimu tertutup sepatu. Jamur dan kuman yang menumpuk di sepatu sangat berpengaruh terhadap kesehatan kuku kakimu. 

Tak heran jika kamu tak rajin perawatan, maka kuku kakimu akan kering, mengeras bahkan kulit di sekitarnya akan mengelupas. 


Jangan Sering-sering Pedicure di Salon

Percaya atau tidak, terlalu sering pedicure di salon justru membuat kuku kakimu rapuh. 

Tak jarang pedicure di salon menggunakan bahan kimia keras yang tak baik untuk kesehatan kuku kaki dalam jangka waktu panjang. Bukan berarti kamu dilarang pedicure di salon, ya. Namun sebaiknya, batasi perawatan satu atau dia bulan sekali di salon supaya kuku tidak rapuh. 


Kaki Bersih, Kunci Kuku Kaki yang Sehat

Salah satu tempat kotoran, bakteri dan kuman berkumpul adalah sepatu. Karena itulah kamu harus rajin-rajin membersihkan kaki dan merawat ekstra untuk kuku kaki. Kuncinya, dengan rajin mencuci kaki setelah beraktivitas menggunakan sepatu.

Belilah sikat khusus untuk kaki dan bersihkan seluruh area kaki terutama sela-sela kaki dan kuku kaki. Pastikan kotoran tidak tertinggal di kaki, ya. Tidak perlu setiap hari membersihkan kaki dengan alat khusus. Paling tidak lakukan rutin tiga atau empat hari sekali. 


 Gunting Kuku Kaki, Bersihkan Secara Detail

Ternyata memotong kuku kaki tidak perlu menunggunya panjang sampai sakit ketika memakai sepatu. Kuku kaki yang panjang rentan terselip kotoran, bakteri dan kuman. Dua minggu sekali potonglah kuku kakimu dengan gunting kuku yang bersih dan steril. Sebaiknya, gunting usai Anda mandi agar kuku kaki lunak dan memudahkan kamu untuk mengguntingnya.

Kemudian bersihkan bagian dalam kuku dengan alat khusus. Tapi hati-hati, ya. Jika kakimu tertusuk alat pembersih, risiko infeksi lebih tinggi. 

Ini karena bakteri bisa masuk dari celah antara kuku dan bantalannya. Terakhir, jangan lupa haluskan ujung kuku dengan alat kikir supaya terlihat cantik.


Rendam Kuku Kaki Beri Campuran Bahan Alami

foto dokumen | KAIROS 


Kuku sudah rapi dan bersih, saatnya memanjakan kuku kaki dengan merendamnya dengan air hangat dan bahan alami. Merendam kuku kaki merupakan salah satu cara membuat kaki relaks, melembabkan kuku kaki, dan menghilangkan bakteri yang bersarang. 

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu campur dengan air hangat untuk merendam kaki.

Anda bisa mencampur air hangat dengan air garam sebagai antiseptik. Air hangat dengan minyak zaitun dan minyak kelapa untuk melembabkan kuku kaki. Atau air hangat dengan jeruk nipis supaya kaki lebih segar. Usai merendam jangan kupa keringkan dengan handuk bersih.


Lembabkan Kuku Kaki dengan Produk Pelembab

Kuku tangan harus selalu lembap dan memang ada produk khusus untuk melembapkan kuku. Tapi yang sering Anda lupakan melembabkan kuku kaki dengan produk serupa. 

Pelembab kuku berfungsi menjaga kuku tetap bersinar. Kamu bisa menggunakannya sebelum atau setelah beraktivitas. Kalau kamu tidak punya pelembab, kamu bisa menggunakan beberapa tetes tea tea oil dan minyak kelapa dan oleskan ke kuku agar lebih lembab.

Begitu sahabat KAIROS, mulailah rawat kuku kakimu. Tidak perlu mahal-mahal ke salon, kamu bisa lakukan di rumah bersama pasanganmu pun oke.

sumber | bukalapak

Share:
Komentar

Berita Terkini