Mau Sehat Sampai Tua, Lakoni 4 Aktivitas Pagi Ini

Editor: kairos author photo
Hidup sehat sampai tua. foto | pixabay

KAIROS - SIAPA yang tak ingin hidup sehat terus sampai tua nanti? Untuk mewujudkannya, tentu Anda harus menjaga pola hidup sehat sejak sekarang. Selain menerapkan pola makan yang sehat, merawat tubuh dengan beraktivitas ringan juga wajib dilakoni. 

Nah, cara yang pas untuk membentuk kebiasaan hidup sehat itu dengan memulai hari dengan rutinitas pagi yang sehat.

foto | pixabay


Beberapa Aktivitas Sehat

Empat aktivitas pagi ini cocok buat semua umur, dan segera setelah kamu mulai tubuhmu jadi lebih bugar dan sehat jiwa raga.


1. Meditasi dan Bersyukur

Bermeditasi. foto | pixabay


Bangun pagi akan nyiapin tubuh lebih dini untuk beraktivitas. Usai bangun, ambil waktu beberapa saat untuk untuk melakukan meditasi atau diam sejenak sembari memejamkan mata. 

Meditasi kayak gini banyak manfaatnya loh, kayak nenangin pikiran, ngelatih fokus, naikin mood, juga menekan stres sepanjang hari itu. Meditasi juga jadi sarana yang baik buat bersyukur kepada TUHAN atas kehidupan yang diberikan ke Anda saat ini. Nggak susah kok, ada banyak cara untuk mulai meditasi dan beragam teknik yang bisa Anda coba.


2. Lakoni Peregangan

Peregangan otot. foto | pixabay

Setelah meditasi, jangan lupa lakukan peregangan ringan yang bisa Anda lakukan di atas kasur sembari tiduran. Misalnya dengan mengangkat kaki ke atas dan ke bawah, setelah itu gantian mengangkat tangan dan menyilangkannya ke kiri dan ke kanan. 

Peregangan ringan kayak gini bikin peredaran darah lebih lancar sehingga menghilangkan kekakuan akibat posisi tubuh yang nggak benar.


3. Sempatkan Berjemur di Pagi Hari

foto | pixabay

Sembari jalan kaki, nyempetin berjemur juga baik buat tubuh Anda. Jangan takut hitam, matahari pagi sebelum jam 9 itu justru bagus buat tulang dan kulitmu. 
Sebab terik matahari pagi hari akan bantu tubuhmu dalam produksi vitamin D yang baik tak hanya untuk tulangmu tapi juga banyak manfaat lainnya. Tak perlu lama-lama, berjemurlah selama 15 menit aja secara rutin tiap hari.


4. Bantu Pekerjaan Rumah

foto | pikiranrakyat


Selama ini, apa sih yang kamu lakukan setelah bangun tidur? Daripada guling-gulingan sambil membuka medsos, Anda bisa membantu pekerjaan rumah. Sesederhana merapikan kamar Anda sendiri misalnya. 

Merapikan kamar dan pekerjaan rumah lainnya akan membantu tubuhmu untuk bergerak

Lagipula kalau pulang nanti kamar dan rumahmu bersih, Anda juga kan yang senang? Istirahat bisa lebih nyaman dan layak, sehingga kesehatanmu juga lebih terjaga.

Nah, aktvitas pagi ini bisa Anda lakoni dalam waktu satu jam saja setiap harinya. Jadi, usahakan Anda bisa bangun lebih pagi dan nyempetin waktu buat mempersiapkan tubuhmu. Niscaya kesehatanmu bakal terawat dan nggak gampang sakit sampai tua nanti.

reporter | adm

sumber | doktergenz.hipwee

Share:
Komentar

Berita Terkini