Memang Bau, Tapi Ini 7 Manfaat Petai untuk Kesehatan Wanita

Editor: kairos author photo
Ternyata petai mengandung banyak manfaat untuk kesehatan wanita, terutama ibu hamil. foto | dok KAIROS

KAIROS - MANFAAT petai, dibalik aromanya yang bau, mungkin tak banyak yang tahu ya sahabat KAIROS. Petai (pete) memang menjadi makanan yang banyak dihindari para wanita karena baunya yang tak sedap. Padahal, sebenarnya pete mempunyai banyak manfaat loh.

foto | dokumen KAIROS

Menelusuri Kandungan Petai

Mengapa bermanfaat? Soalnya petai mengandung zat besi, vitamin A, fosfor, karbohidrat sampai serat yang sangat bermanfaat baik untuk tubuh kita. 

Untuk mengenal lebih jauh manfaat petai, ini 7 manfaatnya untuk para wanita.


1. Mengubah Suasana Hati

Mood wanita memang cenderung lebih mudah beruba-ubah, apalagi kalau memasuki masa Premenstrual Syndrome (PMS), biasanya akan mengalami perubahan mood yang cukup drastis. Untuk mengembalikan suasana hati yang dipengaruhi oleh kadar gula naik dalam darah, makan petai bisa sangat berguna sebagai penetralisir kadar gula itu, berkat kandungan vitamin B6-nya. Nah jadi, cobain ya kalau lagi badmood makan pete saja.


2. Mengatasi Depresi

Petai mengandung triptofan tinggi yaitu protein yang dapat berubah menjadi serotonin. Pete berguna dalam mengelola rasa stress dan depresi yang dirasakan secara alami dan aman. Jadi setelah memakan petai, kamu akan merasa lebih tenang dan rileks.


3. Meredakan Mual saat Hamil

Saat hamil muda, banyak perempuan yang mengalami mual. Nah, ternyata pete bisa membuat mual menjadi lebih berkurang karena kadar glukosa yang naik saat mual ini akan dikendalikan oleh pete secara alami dan efektif. Wah, sangat membantu ya?


4. Mengatasi Anemia

Pete mengandung zat besi tinggi yang bisa membuat produksi sel darah merah lebih meningkat. Hal ini sangat membantu bagi para perempuan yang anemia atau kondisi kurang darah yang sering sekali terjadi para wanita.


5. Mengatasi Hipertensi

Manfaat pete untuk wanita selanjutnya adalah untuk menormalkan tekanan darah yang naik. Pete memiliki kandungan kalium yang cukup besar dan aman dikonsumsi, karena kandungan garam yang rendah. Hal inilah yang akhirnya membuat pete bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.


6. Mencegah Stroke

Penyakit stroke ini berpotensi dan terjadi pada seseorang dengan serangan hipertensi. Maka, pete juga bisa dikonsumsi supaya kadar tekanan darah selalu normal yang juga menjadi cara mencegah stroke ampuh menurut FDA (Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat).


7. Mengatasi dan Mencegah Sembelit

Anda yang sering menderita gangguan pencernaan, kamu harus mencoba mengatasinya dengan menyantap pete, karena ternyata pete mengandung serat tinggi. Kandungan serat tinggi ini membuat saluran pencernaan jauh lebih lancar karena kandungan seratnya.

Demikian 7 manfaat petai untuk kesehatan wanita khususnya wanita hamil ya sahabat KAIROS. Sepertinya petai juga pas dicampur dengan ikan teri. Hmmm pasti lezat.

reporter | adm

sumber | qraved

Share:
Komentar

Berita Terkini