Mengenal Makanan Pereda Stres, Ampuh Usir Kesal

Editor: kairos author photo
Salah satu makanan pereda stres. foto | dokumen KAIROS

KAIROS - ANDAI Anda sedang stres, mungkin saja. Bahkan setiap manusia wajar saat-saat tertentu bakal merasakan stres. Namun, latar belakang stres yang dialami beberapa orang pasti berbeda, bukan? Cara meredakan juga sudah bisa dipastikan berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Sebagian besar orang mencoba meredam rasa stres dengan belanja, tidur sampai makan. 

Saat stres, jangan lupa pula untuk tetap memperhatikan nutrisi yang pas untuk tubuh ya sahabat KAIROS.

foto | canr.msu.edu


Menu Makanan Sehat Peredam Stres

Menikmati menu makanan yang pas, bisa jadi akan meredakan stres kalian dengan cepat. Tak hanya kenyang, tubuh pun jadi lebih rileks dan terasa segar.


Inilah 5 menu makanan sehat yang ternyata bisa meredakan stres.

Sayur bayam. foto | dokumen KAIROS

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini ternyata bisa membantu meredakan stres. Bayam yang dijadikan salad dan dapat menjadi santapan segar ketika dipadukan dengan buah dan sedikit kacang-kacangan.

Menu ini akan membantu tubuh untuk mengingkatkan produksi serotonin dan dopamine. Kedua hormon tersebut akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan santai.

foto | pixabay

Paprika Merah

Makanan yang kaya akan Vitamin C ini memiliki kemampuan untu menurunkan radikal bebas yang bahaya buat tubuh dan juga menekan hormon stres. Kalau mengonsumsinya dalam keadaan mentah, antioksidannya bisa bekerja lebih kuat lagi. 

Kalau lebih suka untuk memasaknya dulu, sebenarnya kandungan Vitamin C di dalamnya juga masih ada, cuma nggak sebanyak kalau masih mentah.

foto ilustrasi \ dokumen KAIROS

Dark Chocolate

Cokelat bisa jadi penyelamat ketika lagi stres. Kamu bisa memilih dark chocolate yang mengandunga cokelat yang tinggi. Antioksidannya akan bekerja secara optimal untuk meredakan stres.

foto | pixabay

Teh Hitam

Kalau nggak suka makan sayur, Anda bisa mencoba cara lain yang lebih enak dan sederhana. Yakni dengan minum teh hitam. Banyak yang lebih menyarankan untuk mengganti kopi dengan teh hitam di pagi hari.

Teh mengandung beberapa zat penting antara lain polifenol, flavonoids, dan cathechins. Katanya sih minum teh adalaha fancy way untuk membuat neuro transmitters jadi bahagia.

foto | pixabay

Strowberri

Kalau lagi stres, coba ngemil stroberi dan dibarengi dengan dark chocolate. Pasti mood akan segera membaik. Kandungan serat serta Vitamin C yang tinggi pada stroberi bisa menurunkan level cortisol di tubuh.

Makanan pereda stres ternyata enak-enak dan memanjakan lidah. Anda pasti semangat buat mengonsumsinya. 

Mulai sekarang, kayaknya kamu harus punya stok makanan itu di rumah. Sewaktu-waktu ketika merasa bad mood dan stres, Anda bisa langsung menyantapnya supaya suasana hati dan pikiran jadi lebih netral dan waras.

foto | pixabay

Olive Oil

Kalau lagi bad mood sama tugas dan kerjaan, coba mulai hari dengan sarapan dengan salad yang dikasih olive oil. Tuang setidaknya 2 sendok makan olive oil. Jika rajin dikonsumsi, ternyata olive oil dapat membantu produksi serotonin di tubuh.

Sangat direkomendasikan untuk memilih EVOO atau extra virgin olive oil yang memiliki banyak kandungan phenols yang sehat. Jangan lupa juga untuk menyimpan minyak zaitun di tempat yang gelap dan dingin agar sehingga manfaat dan kandungannya tidak berkurang.

Nah, itulah beberapa makanan menyehatkan yang ternyata bisa membantu meredakan stres. Selamat mencoba ya sahabat KAIROS!

reporter | adm2

sumber | suara

Share:
Komentar

Berita Terkini