Menjengkelkan! Ini Tips Memberantas Kutu Air di Celah Kaki

Editor: kairos author photo
Kutu air, penyakit kulit yang memang menjengkelkan. foto | dokumen KAIROS
KAIROS
- Kutu air di celah kaki? Duh, ini pasti memengaruhi penampilan seseorang. Selain rasanya gatal, aroma kaki yang ditimbulkan selama seharian mengenakan sepatu pun sangat bau. Inilah salah satu penyakit kulit yang umum terjadi. 

Penyakit kulit yang satu ini pada umumnya disebabkan infeksi jamur. Namun selain itu, bakteri juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit kutu air itu.

foto | dokumen KAIROS

Pemicu dan Akibat Kutu Air

Ada sejumlah penyebab yang ditimbulkan kutu air, diantaranya :

> Terdapat ruam merah pada kulit

> Kulit menjadi gatal-gatal

> Kulit mengalami rasa nyeri/perih

> Kulit menjadi mengelupas

> Kutu air memang bukan termasuk penyakit kulit yang mematikan. Meski begitu penyakit ini harus tetap diwaspadai karena dapat menyebabkan peradangan kulit yang serius.

Makanya jika menderita penyakit kutu air, harus mengobati sesegera mungkin. 

Nah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kutu air, dengan obat kutu air di apotek seperti kalpanax, ultrasiline dan sebagainya.

Selain menggunakan obat-obatan medis, penyakit kutu air di kaki juga ternyata dapat diobati dengan beberapa cara berikut ini :

1. Manfaatkan Air Garam

foto | pixabay 
Garam mengandung zat anti jamur dan anti bakteri. Sehingga tak heran jika air garam dapat membantu mengobati penyakit kutu air.


2. Gunakan Air Cuka

foto | idntimes


Air cuka mengandung zat yang dapat membasmi jamur dan bakteri. Oleh karena itu air cuka ini dapat dijadikan sebagai pengobatan penyakit kutu air.


3. Gunakan Minyak Kelapa

foto | pixabay


Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan anti-jamur dan anti-inflamasi. Dimana kedua kandungan itu memiliki manfaat untuk memberantas jamur dan bakteri serta mencegah terjadinya peradangan pada kulit.


4. Menggunakan Tembakau

foto | pikiranrakyat

Tembakau mengandung zat anti jamur dan anti bakteri. Dimana kandungan tersebut dapat menghajar jamur dan bakteri yang menyerang kulit. Makanya mengapa tembakau ini dapat dijadikan sebagai pengobatan penyakit kutu air.

Mungkin itulah beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kutu air. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami kutu air dan enggan menggunakan obat-obatan yang ada di apotek, Anda bisa menggunakan beberapa cara pengobatan alami itu ya sahabat KAIROS.

reporter | adm

sumber | kompasiana/Ruli Rizki

Share:
Komentar

Berita Terkini