Nih Tips Bekal Makan Siang Sehat dan Hemat

Editor: kairos author photo
Bagi yang tak sempat memasak, sandwich alias roti lapis ini bisa dijadikan bekal alternatif. foto | republika

KAIROS - TAK sedikit orang beranggapan sarapan sebagai makanan terpenting, namun sebaliknya terhadap makan siang. Padahal, makan siang juga sama pentingnya untuk tubuh.

Kurangnya waktu dan persiapan seringkali membuat banyak orang, terutama kaum pekerja, memilih makanan yang diproses dengan tinggi garam, gula, lemak dan mahal. Akibatnya, kesejahteraan dan produktivitas seseorang bisa kurang baik setelah makan siang.

Apalagi mengonsumsi makanan sehat per pekan bisa memberikan perbedaan yang signifikan bagi kesehatan dan dompet Anda. Berikut tips yang bisa membantu menjadikan bekal makan siang Anda sehat dan tidak membosankan.


Makan Malam untuk Makan Siang

Anda tidak harus bangun pada dini hari untuk menyiapkan makan siang yang lezat. Sisa makan malam, pilihan yang mudah dan ekonomis.

Membuat porsi tambahan saat memasak makan malam akan menghemat waktu dan uang Anda. Sisa makanan biasanya disimpan selama 24-72 jam di lemari es atau hingga beberapa pekan di dalam freezer.

Cobalah membuat sup minestrone (sup dari Italia bersaus kental dengan pasta atau nasi) atau kaserol sayuran. Makan satu porsi untuk makan malam, simpan satu porsi di kulkas untuk makan siang, dan satu lagi di freezer untuk stok. Anda tidak harus makan hal yang sama dua hari berturut-turut.

Sisa makanan dapat dengan mudah digunakan untuk membuat makan siang yang berbeda tetapi sama lezatnya, seperti sayuran panggang atau tumis. 

Taruh di roti apit dengan beberapa pesto atau keju untuk roti panggang, tambahkan ke pasta sisa malam untuk salad atau coba di atas keripik tortilla polos untuk nacho yang sehat.

Atau bereksperimenlah dengan menggunakan tumisan sisa atau panggang sebagai dasar untuk salad lezat. 

Kumpulkan dengan menempatkan sisa makanan Anda di bagian bawah wadah atau toples dengan saus salad (saus atau minyak dari sisa makanan Anda dapat menjadi saus yang bebas tambahan gula atau garam dibandingkan beli toko). 

Lalu tambahkan beberapa sayuran hijau untuk menjaganya tetap segar.

foto | dokumen KAIROS

Sayuran dan Buah Segar

Membawa makan siang sendiri bisa menjadi cara jitu memasukkan buah dan sayuran segar ke dalam menu Anda daripada membeli makanan instan ya sahabat KAIROS. 

Vtamin B dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan, sangat penting untuk konsentrasi dan fungsi otak. 

Kandungan serat yang tinggi dari sayuran juga membantu membuat Anda kenyang lebih lama.

Wadah bekal berkualitas juga mempengaruhi penyimpanan makanan. 

Hindari kotak makan siang tipis yang berpotensi bocor sehingga mengotori tas atau ransel Anda ya sahabat KAIROS. Semoga bermanfaat.

reporter | adm

sumber | republika/ABCLife


Share:
Komentar

Berita Terkini