Padahal Sudah Diet, Tapi Berat Badan tak Turun Juga, Nih Penyebabnya

Editor: kairos author photo
Sudah diet, sudah olah raga, terkadang berat badan tak turun juga. Ini disebabkan beberapa hal. foto | dok KAIROS

KAIROS – RAGAM cara diet dengan mengurangi karbohidrat, mengurangi asupan garam hingga diet golongan darah sudah pernah Anda jalani. Tujuannya agar punya postur tubuh ideal dan sehat sialnya angka di timbangan justru tak berubah sejak awal. Mengapa bisa begitu?


Konsultasi ke Dokter atau Ahli Gizi

foto | pixabay

Nah, ternyata pemicunya bisa jadi diet yang Anda jalani kurang tepat untuk metabolisme tubuh Anda ya sahabat KAIROS. 

Hal ini dibuktikan riset di Israel 2015 lalu. Sekitar 800 partisipan menjalani diet secara bersamaan dan hasilnya tak semuanya memiliki penurunan berat badan serupa.

Karenanya, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum menjalani diet, ketimbang mencoba berbagai diet tanpa hasil. 

Jadi, jangan heran bila diet ukurannya selalu sukses menurunkan berat badan.

 Penyebab lainnya, bisa juga dikarenakan pilihan makanan Anda yang kurang tepat. 

Ketika Anda menjalankan diet biasanya cenderung akan memilih makanan yang lebih ringan dan tidak mengenyangkan.

Padahal, ini justru akan memacu yang mengirim sinyal ke tubuh untuk bekerja lebih lambat karena tubuh kekurangan asupan makanan. 

Solusinya, makanlah makanan sehat dalam jumlah yang cukup agar kebutuhan gizi tubuh terpenuhi.

Selain itu, makan makanan tinggi protein juga penting bagi tubuh. 

Sayangnya, kebutuhan ini kadang tidak disadari ketika melakoni diet. Protein yang masuk ke tubuh akan membuat tubuh merasa puas, lalu protein juga lebih bisa bekerja membantu tubuh mencerna makanan dan beraktivitas ketimbang karbohidrat dan lemak.


Minum Air Putih

foto | dok KAIROS

Pamela Wartian Smith, MD, penulis buku Why You Can’t Lose Weight menuturkan idealnya seseorang membutuhkan asupan protein sesuai berat badannya. Contoh, rata-rata perempuan membutuhkan sekitar 40 hingga 80 gram protein setiap harinya.

Jika semua gizi sudah terpenuhi, jangan lupa juga untuk banyak mengonsumsi air putih

Selain menghidrasi, minum air juga dapat membantu menurunkan berat tubuh. 

Mengonsumsi air putih sebelum makan dapat membantu membuat perut terasa kenyang sehingga jumlah makanan yang Anda santap bisa lebih terkontrol. 

Bisa juga menggantinya dengan sayur atau buah-buahan yang mengandung banyak air.


Meski Sekadar Berjalan Kaki

foto | dokumen KAIROS

Lalu untuk menjaga tubuh tetap bugar dan kalori terbakar secara teratur, khususnya bagi Anda pekerja kantoran yang menghabiskan hari dengan duduk di depan komputer. 

Berjalan kaki selama beberapa menit saja bisa membantu tubuh melancarkan sistem metabolisme tubuh. Semoga bermanfaat ya sahabat KAIROS.

reporter | adm2

sumber | topmetronews

Share:
Komentar

Berita Terkini