Panduan Lengkap Jadwal Makan Bayi Usia 1 Tahun

Editor: kairos author photo
Jadwal makan bayi perlu diperhatikan agar si kecil belajar disiplin. foto | indozone

KAIROS -  ANDA mungkin tak pernah terpikir untuk membuat jadwal makan si Kecil sejak dini agar sifat disiplin dapat ditanamkan sejak awal, bukan? Ya, mungkin tidak banyak yang memikirkan hal ini. Padahal, dengan membuat jadwal makan, penanaman sikap disiplin dan terorganisir dapat dimulai sejak usia 1 tahun. 

Jadwal makan bayi 1 tahun kemudian juga cara yang tepat untuk membuat tubuh si Kecil lebih sehat dan penyerapan nutrisi lebih optimal. Tapi bagaimana bisa?

Makanan dengan tekstur padat sudah bisa dikonsumsi si Kecil pada usia satu tahun. Untuk pengenalan, seperti Mums juga pahami, bisa mulai diberikan MPASI setelah si Kecil menginjak usia kurang lebih 6 bulan (usia ideal, bisa saja berbeda). Untuk makanan padat sendiri, nantinya akan menjadi makanan utama dari si Kecil untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Pemberian jadwal makan bayi 1 tahun merupakan upaya awal untuk membentuk pola pada pencernaan si Kecil serta kedisiplinannya dalam menepati jadwal. 

Dengan pemberian asupan nutrisi yang terjadwal, pencernaan si Kecil akan memiliki pola kerja yang jelas. Hal ini sangat berpengaruh pada kemampuan tubuhnya menyerap nutrisi yang ada, sehingga dapat tumbuh lebih optimal.

foto | pixabay

Jadwal Makan Ideal Si Kecil

Lantas bagaimana jadwal yang ideal untuk si Kecil ketika berusia 1 tahun? Berikut penjelasan singkat beserta beberapa jenis makanan yang ideal diberikan pada si Kecil pada usia ini.


Sarapan

Sarapan idealnya diberikan sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Umumnya pada waktu ini si Kecil sudah bangun dari tidurnya serta siap berkegiatan. Sarapan pukul 07.00 pagi akan menjadi tenaga utama untuk tubuh si Kecil dalam melakukan aktivitas hingga siang hari.

Beberapa jenis makanan bisa diberikan, misalnya seperti nasi tim dengan lauk sup sayur ditambah daging cincang. Makanan ini akan memberikannya cukup tenaga dan nutrisi hingga siang hari. Agar pencernaannya lancar dan si Kecil semakin segar, Mums bisa menambahkan air jeruk untuk minumannya.


Camilan Pagi

Pukul 10.00, Anda bisa memberikan camilan untuk mengisi ulang tenaga si Kecil yang sudah digunakan untuk berkegiatan. Camilan yang paling idealnya adalah susu anak 1 tahun ditambah dengan dua buah biskuit anak-anak (biskuit mari).


Makan Siang

Makan siang sewajarnya diberikan pada pukul 12.00 (sama seperti jadwal makan siang untuk orang dewasa). Untuk makan siang, Mums bisa memberikan makanan yang kaya karbohidrat dan protein, agar si Kecil tetap bertenaga hingga sore dan malam.

Menu makanan yang disarankan, nasi tim dengan lauk ayam jamur ditambah dengan telur pindang. Menu ini akan memberikannya cukup Karbohidrat dan Protein untuk menunjang kegiatannya yang aktif di siang hari.


Camilan Siang

Jam 14.00 siang, Anda bisa memberikan camilan kedua hari itu. Untuk camilan kedua ini, sangat disarankan memberikan buah-buahan yang bertekstur tidak terlalu keras dan mudah dikonsumsi. Mengapa? Karena si Kecil sudah mendapat asupan banyak Karbo dan Protein pada makan siangnya. Konsumsi buah akan menjaga kesegaran si Kecil, asupan cairan, serta kelancaran pencernaannya.


Susu Sore Hari

Pukul 15.00 sore, berikan lagi susu anak 1 tahun. Sederhana, tujuannya untuk menjamin keterpenuhan nutrisi tubuh si Kecil dan me-recharge tenaganya yang sudah digunakan untuk bermain dan belajar.


Makan Malam

Makan malam idealnya diberikan pada pukul 18.00 (jam 6 sore). Untuk menu makanan yang diberikan, akan lebih baik jika bukan jenis makanan yang terlalu besar untuk organ pencernaannya karena tidak akan ada lagi kegiatan fisik berat yang dilakukannya di malam hari. Berikan makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan si Kecil.

Makan malam bisa diisi dengan menu seperti bubur beras merah, buah segar yang dipotong kecil-kecil serta air mineral.


Susu

Sebelum si Kecil tidur, berikan kembali segelas susu. Susu yang diberikan akan membantu proses tumbuh kembang yang terjadi ketika si Kecil tidur. 

Jangan salah, ketika badannya beristirahat, proses tumbuh kembangnya justru semakin efektif. Penyerapan nutrisi akan berjalan optimal sehingga diperlukan asupan nutrisi yang cukup untuk menjadi ‘bahan bakar’-nya.

foto | idntimes

Penting Penyerapan Nutrisi

Jadi memberikan jadwal yang tepat untuk si Kecil pada usia ini penting agar penyerapan nutrisi dapat berjalan optimal dan si Kecil tetap bertenaga untuk kegiatan sehari-hari. 

Sejumlah asupan paling krusial yang diperlukannya, dan sebaiknya Mums penuhi, antara lain adalah Karbohidrat, Protein, Zat Besi, Kalsium serta berbagai Vitamin yang ada pada buah-buahan.

Mengatur jadwal makan bayi 1 tahun memang perlu ketelatenan. 

Lewat panduan ini, diharapkan Anda mendapatkan sedikit gambaran mengenai jadwal yang ideal. 

Jangan pula lupa berikan asupan cairan yang cukup agar dia tidak dehidrasi. 

Semoga bermanfaat sahabat KAIROS!

reporter | adm2

sumber | friso

Share:
Komentar

Berita Terkini