PENTING..!! Setelah Main Gadget, Cuci Tangan Anak Pakai Sabun

Editor: kairos author photo
Usai bermain gadget, anak sebaiknya mencuci tangan pakai sabun. foto | pixabay

KAIROS - FAKTA, kesehatan anak masih sangat dipengaruhi dari perhatian orangtuanya. Termasuk menerapkan kebiasaan hidup sehat seperti cuci tangan pakai sabun. Kebiasaan ini sebaiknya sudah diajarkan sejak dini.


Kebiasaan Mencuci Tangan

foto | pixabay

Meskipun sederhana, namun memang masih banyak orangtua yang mengacuhkan kebiasaan cuci tangan pada anak. Padahal jika terus menerus, maka ini akan menjadi kebiasaan anak hingga ia dewasa kelak.

dr Efmansyah Iken Lubis, MM, Ketua PDUI Komisariat Jakarta Selatan mengatakan anak-anak harus dibiasakan mencuci tangan sedini mungkin agar terbiasa melakukan gaya hidup bersih dan sehat.

Selain itu, kata dia, orangtua jangan lagi terpaku pada paradigma lama dimana mencuci tangan hanya dilakukan sebelum dan sesudah makan.


Tak Cuma Sebelum dan Sesudah Makan

foto | liputan6

Menurutnya, anak harus mencuci tangan sesering mungkin karena tangan adalah bagian tubuh yang paling kotor. Tangan bisa menyentuh apapun yang mungkin saja di permukaannya terdapat bakteri, virus dan jamur.

“Kalau tangan kotor langsung kucek mata, pegang hidung, masuk mulut, kuman bisa masuk. Jadi paradigmanya diubah. Cuci tangan jangan cuma sebelum dan sesudah makan atau dari kamar mandi, tapi habis main juga,” ujar Iken, Kamis (15/10/2020).

Tak hanya itu, dia menambahkan bahwa saat ini juga banyak anak-anak yang bermain menggunakan gadget. Nah, gadget termasuk benda yang tidak steril dari kuman, karena terkadang kerap diletakkan di sembarang tempat.

“Anak perlu dibiasakan mencuci tangan sesering mungkin agar saat dewasa nanti hal ini menjadi kebiasaan. Selain itu, ajari anak mencuci tangan dengan baik dan benar yaitu menggunakan air mengalir serta sabun,” terangnya.

Sabun sendiri berfungsi menghancurkan lemak atau lipid pada virus sehingga virus yang menempel di kulit tangan atau kulit manapun jadi mati. Itu sebabnya, cuci tangan dengan air saja tidak cukup.

“Lipid virus itu mudah nempel di punggung dan telapak tangan, walau disiram air tetap akan menempel. Makanya diperlukan sabun untuk menghancurkannya agar anak menjadi lebih bersih dan sehat.” 

sumber | suara/liputan6

Share:
Komentar

Berita Terkini