Pijat Kaki Bayi, Kenapa Tidak? Nih Manfaatnya!

Editor: kairos author photo
Pijat kaki bayi bermanfaat untuk psikologis dan perkembangan fisik bayi. foto ilustrasi | pixabay

KAIROS - APAKAH ada manfaat pijat kaki bayi? Sebenarnya manfaat yang didapat bukan sekadar manfaat psikologis, tapi juga manfaat bagi perkembangan fisik bayi. Pijat di bagian tubuh yang berbeda akan memberikan manfaat yang berbeda pula.

Pijatan di bagian kaki dan telapak kaki bayi biasanya dilakukan diawal pijat bayi, karena bayi umumnya sudah terbiasa disentuh kakinya. 

Jadi, pijatan di bagian kaki dan telapak kaki bayi berperan sebagai proses untuk menyiapkan si kecil terhadap proses pemijatan. Karena itu, perhatikanlah reaksi si kecil saat Anda memijat kakinya. 

Kalau dia menatap wajah Anda, dan tampak menikmati pijatan Anda, teruskan proses memijat ke tahap berikutnya. 

foto | popmama

Tapi, kalau si kecil justru jadi rewel, gelisah atau bahkan menangis, berarti dia sedang tidak ingin dipijat. 

Kalau hal ini terjadi, hentikan pijatan Anda dan coba untuk memijat si kecil lagi di lain waktu.

Selain sebagai proses transisi atau persiapan bayi sebelum dipijat, pijatan pada kaki juga memberi manfaat menghilangkan refleks mencengkram kaki bayi. 

Kalau Anda perhatikan, kaki bayi biasanya tidak menapak dengan sempurna bila dia berada dalam posisi berdiri. 

Kakinya akan tampak seperti berusaha mencengkeram lantai. Pijat bayi secara rutin akan menghilangkan kemampuan ini, sehingga membantu si kecil mengembangkan kematangan saraf yang ia perlukan untuk belajar berjalan.

Pijat bayi aman untuk bayi baru lahir  bila dilakukan dengan lembut pada setiap bagian tubuh bayi, termasuk kakinya. 

Untuk memijat kaki si kecil, Anda hanya perlu mengusap kakinya dari bagian paha ke telapak kaki dengan gerakan tangan seperti saat memerah susu sapi. 

Setelah itu, lakukan gerakan yang sama dari bagian telapak kaki ke arah paha bayi. Selain gerakan ini, Anda juga bisa memijat lembut telapak kaki bayi dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari dan telunjuk. 

Gerakan pijat bayi yang sederhana ini saja punya manfaat penting untuk perkembangan bayi. 

Pijat bayi aman untuk bayi baru lahir dan tentu saja hal ini merupakan salah satu bentuk stimulasi terbaik yang bisa Anda berikan untuk si dia. Semoga!

Sumber | whattoexpect/raisingchildren/zwitsal

Share:
Komentar

Berita Terkini