Seharian Pakai Masker Bisa Merusak Kulit Loh, Nih 4 Cara Mencegahnya

Editor: kairos author photo
Kalau seharian pakai masker, ternyata bisa merusak kulit. foto | pixabay


KAIROS - Musim Covid-19 saat ini, pakai masker jadi salah satu kewajiban untuk menekan penularan virus mematikan itu. Namun tahukah Anda, pakai masker berhari-hari nyatanya bikin kulit pengab dan meningkatkan risiko jerawat, ruam dan gangguan kulit lainnya?

Menurut Dr Anil Budh-Raja, salah seorang dokter ahli kulit menyatakan penutup wajah dapat menyebabkan banyak masalah pada kulit, termasuk ruam akibat gesekan dari masker serta jerawat dan eksim.

"Jika ada bagian dari masker yang menyentuh jerawat aktif, ini juga dapat memperburuk jerawat dan membuat lebih banyak bintik-bintik yang meradang, sementara eksim dan psoriasis yang parah juga dapat memburuk," jelas Dr Anil.

foto | pixabay


Tips Gunakan Masker Agar Kulit tak Rusak

Namun ada beberapa tips yang bisa menghindari berbagai konsekuensi penggunaan masker, antra lain:


1. Pakai Masker Buatan Sendiri atau Masker Kain

foto | prbandungraya.pikiran-rakyat

Untuk membuat atau memilih masker kain, maka Anda perlu memilih bahan yang sesuai. Selagi Anda bukan petugas medis yang menangani pasien, masker kain masih dianggap efektif dalam menghalau virus corona Covid-19.

Idealnya, bahan masker harus terbuat dari kain katun yang ditenun rapat, bukan kain sintetis. Pilih juga jenis kain yang lembut di kulit.

Jika menggunakan masker dari kain, Anda juga harus mencucinya secara teratur untuk membersihkan minyak yang menyerap. Minyak kulit yang terserap di masker kain jika tak sering dicuci bisa menyebabkan jerawat.


2. Pakai Salep atau Krim di Area Sensitif

foto | pixabay

Untuk di daerah-daerah sensitif di wajah, Anda bisa menggunakan salep atau krim untuk menghindari masalah atau gesekan di kulit yang tertutup masker.

"Untuk membantu meminimalkan efek pemakaian masker Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan salep atau krim untuk melindungi area sensitif dari gesekan atau lecet," kata Dr Anjali Mahto, konsultan dokter kulit dan penulis The Skincare Bible.

Dr Mahto merekomendasikan begi siapapun yang mengalami gatal-gatal atau ruam jenis eksim untuk membeli OTC Eumovate Cream 0,05 persen dan mengoleskannya ke area kulit yang meradang dua kali sehari selama 7 hari. 


3. Pastikan Kulit Terhidrasi

foto | pixabay

Untuk perawatan sehari-hari, Dr Mahto menekankan pentingnya memastikan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi yang baik akan membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit.

Untuk mencegah kulit mengering, gunakan pembersih tanpa pewangi.

"Meskipun mungkin tergoda untuk membersihkan wajah segera sebelum dan sesudah memakai masker, namun yang terbaik adalah membatasi diri Anda dengan membersihkan dua kali sehari, sekali di pagi dan sore hari untuk menurunkan risiko kulit kering," kata Dr Mahto.

Menurut Dr Budh-Raja, Anda juga disarankan untuk membilas wajah yang basah hingga kering dengan handuk dan menggunakan pelembab untuk mencegah kehilangan kelembapan di wajah.


4. Minimalisir Riasan

foto | pixabay

Masker menciptakan lingkungan lembab yang dapat memengaruhi produksi sebum di kulit. Hal ini yang akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Minimalkan riasan yang Anda kenakan, terutama alas bedak dan concealer dengan formulasi berat bisa membantu.

"Anda tidak perlu menghindari riasan, tetapi sebaiknya gunakan riasan dengan alas bedak berbahan dasar air untuk mencegah pori-pori tersumbat di balik masker," kata Dr Budh-Raja.

Demikian sahabat KAIROS tips mengenakan masker, dengan begitu tidak memengaruhi kecantikan Anda. Semoga bermanfaat.

sumber | suara/Independent

Share:
Komentar

Berita Terkini